Ini 7 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Keramas

Ilustrasi keramas
Ilustrasi keramas (sehatQ)

PADANG, KLIKPOSITIF --Mendapatkan rambut sempurna nan indah dapat dijaga dengan keramas. Namun tahukan Anda bahwa awal mula kerusakan rambut juga bisa timbul saat Anda keramas dan mandi dengan cara yang salah tanpa selama ini tidak kita sadari. Dilansir dari Boldsky.com, berikut kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat keramas:

1. Terlalu Sering Mencuci Rambut

baca juga: Imunitas Bisa Dipengaruhi oleh Depresi

Rambut segar dan bersih mungkin membuat kita nyaman karena kita menginginkan semua minyak di rambut hilang sesegera mungkin. Tapi, terlalu sering mencuci rambut bisa berbahaya bagi rambut Anda karena akan menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan membuat rambut menjadi kering dan keriting, bahkan juga mengarah ke ujung bercabang.

Jadi jangan mencuci rambut setiap hari. Cuci saat perlu dicuci. Beri jarak sekitar 2 hari tetapi jangan beri jeda terlalu lama lebih dari 5 hari juga.

baca juga: Lama Duduk Berdampak Pada Pertumbuhan Otot

2. Menggunakan Air Panas untuk Mencuci Rambut

Mandi air panas terasa seperti anugerah Tuhan yang sangat besar bagi manusia karena dapat menghilangkan semua stres dan membuat kita rileks. Namun rambutmu tak mendapatkan manfaat yang sama. Air panas dapat mengupas minyak rambut Anda sehingga kering dan dehidrasi. Itu juga membuat rambut Anda rentan terhadap kerusakan rambut dan ujung bercabang.

baca juga: Minum Teh Lemon Bawa Manfaat Bagi Tubuh

3. Tidak Membilas Rambut Sebelum Dicuci

Hal pertama yang kita lakukan setelah mandi adalah membasahi rambut dan langsung menggunakan sampo. Hentikanlah kebiasaan itu. Anda perlu membiarkan minimal 30 detik untuk membilas rambut secara menyeluruh sebelum memakai shampo, karena pada rambut itu terdapat kotoran yang harus Anda bilas terlebih dahulu.

baca juga: Kalung Antivirus Corona Tak Cukup Bukti, Ahli: Kalau Buat Jualan Emang Laku

4. Hanya Mencuci Rambut Satu Kali

Apa Anda terbiasa sekali saja dalam mencuci rambut saat mandi? Mulai sekarang, coba untuk lakukan cuci rambut dua kali. Karena cucian pertama bertujuan untuk membuat rambut Anda bersih dari debu dan ketombe. Sedangkan cucian kedua untuk memberikan kebersihan pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh

5. Sering Berganti Sampo

Berapa kali Anda mendengar bahwa sampo Anda berhenti bekerja setelah beberapa waktu dan Anda perlu terus-menerus mengubahnya? Anda tidak perlu melakukan itu. Nah, kecuali Anda telah mengubah rutinitas perawatan rambut Anda. Misalnya, jika Anda telah mewarnai rambut Anda, Anda perlu beralih ke shampo yang ideal untuk rambut yang diwarnai.

6. Tidak Memakai Kondisioner

Kondisioner adalah langkah penting dan akhir dari mencuci rambut . Maka jika Anda melewatkan langkah ini, Anda mengundang kerusakan rambut . Kondisioner menghaluskan kutik rambut Anda dan membuatnya kuat dan halus. Setelah rambut Anda dicuci, oleskan kondisioner ke bagian bawah rambut Anda, biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

7. Mengeringkan Rambut dengan Menggosok Keras

Biasanya, setelah kita selesai dengan sampo dan kondisioner, kita mengambil handuk dan dengan gosok untuk mengeringkan rambut . Tahukah kamu bahwa hal ini dapat merusak rambut Anda, membuatnya keriting dan mengundang ujung rambut bercabang.

Solusinya yakni Anda harus peras sisa air dari rambut Anda dengan lembut. Kemudian gunakan kaus katun lama untuk menyerap air yang tersisa dan diamkan untuk membuat rambut Anda kering.

Itulah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat mencuci rambut yang dapat membuat rambut berpeluang besar menjadi rusak. Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, kita bisa memperbaiki kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan tersebut, agar rambut kita tetap terjaga kesehatan dan keindahannya.

[Sandra Handayani Putri]

Editor: Khadijah