RSAM Bukittinggi Punya Alat Canggih Kateterisasi Jantung

Dirut RSAM Khairul Said
Dirut RSAM Khairul Said (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI , KLIKPOSITIF -Kabar menggembirakan datang dari Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi setelah datangnya satu set alat Kateterisasi Jantung dengan teknologi terbaru.

Dengan hadirnya alat canggih ini, pasien tak perlu lagi dirujuk ke RS M.Jamil Padang.

baca juga: Pilkada Bukittinggi, UAS Dukung dan Doakan Erman Safar-Marfendi

Kateterisasi Jantung, adalah prosedur medis untuk mendeteksi kondisi jantung dengan menggunakan sebuah alat mirip selang tipis yang dimasukkan ke pembuluh darah, dan diarahkan ke jantung.

''Pelayanan penyakit jantung dan pembuluh darah ini, membutuhkan investasi yang besar, karena keterbatasan anggaran, maka pengadaan alat kita lakukan lewat pihak ketiga,'' sebut Direktur Utama RSAM Khairul Said dalam peresmian pelayanan Katerisasi Jantung, Selasa 10 Maret 2020.

baca juga: Yuk Ikuti Webinar dengan Tema Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak Selama Masa Pandemi Bersama SPH

Khairul menyebut, pelayanan katerisasi akan didukung 4 tenaga Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.JP) salah satunya Konsultan Kardiovaskuler Intervensi.

''Kita sudah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan, sampai saat ini kita sudah berhasil melakukan pelayanan katerisasi jantung sebanyak 50 pasin dengan tingkat kesuksesan cukup tinggi,'' ungkapnya.

baca juga: Habib Rizieq Dirawat di Rumah Sakit, Wali Kota Bogor : Beliau Meminta Tidak Dijenguk

Di sisi lain, katanya, untuk mendukung pelayanan diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, RSAM sedang melaksanakan pembangunan gedung IGD Terpadu dengan jumlah kamar operasi dan ruang critical care yang memadai dan sesuai standar.

''Dengan menggunakan alat yang sama, kita juga sudah mengutus Dokter Spesialis Bedah Syaraf untuk mengikuti pendidikan di RS Dr Sutomo Surabaya, dan Alhamdulillah sudah selesai. Di samping itu, dengan alat yang sama kita kembangkan kompetensi Bedah Vaskuler, kita akan berusaha mendekatkan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat di Provinsi Sumbar,'' tutup Khairul.

baca juga: Sempat Dihantam Longsor, Ini Kondisi Terkini Jalan Lintas Bukittinggi-Medan

Penulis: Hatta Rizal | Editor: Rezka Delpiera