Atasi Gangguan Kecemasan dengan Meditasi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Salah satu masalah kesehatan mental yang sangat membahayakan adalah gangguan kecemasan. Menurut beberapa ahli gangguan kecemasan ini bisa dikurangi dengan sejumlah cara, salah satunya dengan bermeditasi.

Elizabeth Hoge dari Harvard Medical School mengatakan bahwa bermeditasi dengan perhatian penuh untuk mengatasi gangguan kecemasan merupakan hal yang masuk akal. "Orang dengan gangguan kecemasan biasanya memiliki masalah dalam menghadapi pikiran mengganggu yang terlalu kuat."

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Psikiater itu juga menambahkan, "Mereka tidak bisa membedakan antara pikiran untuk menyelesaikan masalah dan kecemasan mengganggu yang tidak bermanfaat."

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Depression and Anxiety menunjukkan bahwa terapi menenangkan diri, seperti meditasi, manjur untuk menurunkan gejala gangguan kecemasan.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, melakukan meditasi bisa membantu untuk mengatasi kecemasan dan menurunkan ketegangan. Apabila Anda pernah mengikuti kelas yoga, proses menenangkan diri umumnya akan lebih mudah dilakukan.

Meditasi dapat dilakukan dengan singkat. Untuk permulaan, cobalah beberapa menit setiap harinya. Setelah itu, tingkatkan durasinya secara bertahap sambil terus mempelajari cara untuk lebih rileks dan tenang.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda ikuti untuk memulai latihan meditasi demi menghilangkan gejala gangguan kecemasan dilansir Hello Sehat.

-Duduk tegak di kursi dengan telapak kaki rata menyentuh lantai.

baca juga: Tanpa Gejala, Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

-Pusatkan perhatian pada pernapasan. Tak perlu mengubah cara bernapas, cukup perhatikan cara tubuh menghirup dan mengembuskan napas.

-Anda mungkin terdorong untuk mengalihkan perhatian pada hal lain. Namun, tahan diri Anda dan tetaplah berfokus pada pernapasan Anda.

-Kecemasan mungkin muncul dalam pikiran. Akui rasa cemas tersebut, tapi segera kembali berfokus pada pernapasan.

-Lanjutkan proses ini tanpa menghakimi diri Anda selama kurang lebih 10 menit.

-Buka mata dan rasakan apa yang terjadi. Tidak perlu evaluasi, cukup amati.

-Kunci dari belajar teknik meditasi adalah menerima dunia sekitar. Kecemasan pada dasarnya melibatkan rasa khawatir yang tak ada hentinya.

Jika Anda belajar untuk menerima rasa khawatir tanpa dibuat kesal karenanya, penderitaan yang Anda rasakan akibat rasa cemas itu cenderung dapat berkurang bahkan hilang.

Editor: Ramadhani