Anak Alami Stres, Ini Cara Mencegahnya

ilustrasi
ilustrasi (net)
KLIKPOSITIF

- Anak -anak juga mengalami stress. Namun kondisi ini cukup sulit dikenali, karena anak seringkali tidak sadar, dirinya sedang mengalami depresi. Kondisi ini membuat orangtua menjadi sulit menerapkan cara menghilangkan stres untuk membantu anak . Karena itu, ada baiknya kita juga mengenali tanda yang akan muncul ketika anak mengalami stres. Dengan begitu, kita dapat segera memulai langkah-langkah untuk membantu anak kembali ceria.

Hal ini memang bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Namun sebagai langkah awal, kita dapat mulai memperhatikan perubahan perilaku anak , yang dapat ditandai dengan:

baca juga: Orangtua Kenali Keterlambatan Perkembangan Gerak Anak, Wajib Lakukan Ini

Perubahan suasana hati Rewel Perubahan pada jadwal tidurnya

Mengompol saat tidur Sulit berkonsentrasi

baca juga: Durasi Tidur Kurang atau Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Pada Otak

Menjadi lebih penakut

Tidak mau ke sekolah Menjauh dari teman-teman maupun keluarga

baca juga: Pentingnya 3 M, Tom Frieden: Tak Ada Akhir Seperti Cerita Dongeng Untuk Pandemi

Menimbulkan masalah di sekolah

Selain itu, saat anak stres, tanda-tanda perubahan secara fisik juga dapat terjadi, seperti:

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Menjadi tidak nafsu makan atau justru nafsu makan menjadi bertambah

Sakit kepala Sakit perut Susah tidur atau mengalami mimpi buruk

Mengompol Anak -anak yang berusia lebih muda biasanya juga akan memiliki kebiasaan baru seperti sering mengisap jempol, memainkan rambut, atau mengupil.

Sementara itu, anak-anak yang sudah berusia lebih besar akan mulai berbohong, menjadi pelaku bullying, atau tidak mematuhi orangtua. Baca juga: Kenali Tanda-tanda Anak Stres Cara menghilangkan stres pada anak Mengalami stres dapat membuat keseharian anak terganggu. Untuk membantu mengatasinya, cara menghilangkan stres berikut ini bisa kita lakukan agar anak dapat kembali ceria. 1. Beri semangat pada Si Kecil untuk menghadapi masalah Saat anak memiliki masalah, ia akan cenderung menghindarinya. Namun, tentu ini bukanlah hal yang baik. Kita dapat membantu anak untuk menghadapi masalah yang membuatnya stres.

Editor: Ramadhani