Ini Cara Sederhana Menghindari Anemia

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Anemia bisa terjadi pada setiap orang. Kondisi ini ditandai dengan mudah lelah, sering pusing, serta irama jantung tidak teratur.

Kondisi yang oleh orang awam kerap disebut sebagai penyakit kurang darah ini terjadi ketika kadar haemoglobin (Hb) di dalam darah kurang atau rendah. Haemoglobin sendiri berfungsi membantu sel darah merah dalam menyalurkan oksigen ke semua bagian tubuh.

baca juga: Wisma Atlet Mulai Penuh Pasien COVID-19, Tower 4 Berkapasitas 1.546 Tempat Tidur Dibuka

Anemia sendiri dipicu oleh banyak hal, mulai dari kehilangan darah saat haid, pascamelahirkan, kekurangan nutrisi, hingga kanker.

Tapi, anemia bisa dihindari dengan cara alami. Dilansir dari UEW Health , ini dia 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah anemia.

baca juga: Catat Rekor Penambahan 4.176 Kasus, Indonesia Sudah Catat 248.852 Orang Positif COVID-19

Cukupi kebutuhan zat besi

Zat besi sendiri diperlukan untuk memproduksi hemoglobin. Makanan yang kaya zat besi antara lain daging merah, makanan laut, sayuran berdaun hijau, hati, dan telur. Jadi, pastikan penuhi kebutuhan zat besi Anda, terutama kalau Anda termasuk ke dalam golongan yang rentan mengalami anemia, yaitu sedang haid, hamil, atau menyusui.

baca juga: Kota Padang dan Kabupaten Agam Zona Merah COVID-19, Ini yang Seharusnya Diterapkan

Tambahkan asupan vitamin C

Agar penyerapan zat besi di dalam tubuh berlangsung dengan baik, Anda perlu bantuan vitamin C, baik yang berasal dari makanan ataupun suplemen. Makanan kaya vitamin C bisa didapat dari melon, pepaya, jeruk, brokoli, dan tomat.

baca juga: Tanpa Gejala, Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

Penuhi kebutuhan kalsium

Kalsium juga berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan asupan kalsium dari susu dan aneka produk olahannya, ikan yang dimakan bersama tulangnya, serta telur.

Hindari kafein

Ternyata, kafein dapat mengganggu proses penyerapan zat besi di dalam tubuh. Itu sebabnya, teh, kopi, dan minuman cokelat sebaiknya dihindari, atau setidaknya dibatasi konsumsinya.

Gunakan perlengkapan masak dari besi

Perlengkapan masak dari besi bisa jadi cara untuk membantu Anda sekeluarga terhindar dari anemia. Ketika memasak, asam yang keluar dari makanan akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari makanan tersebut.

Editor: Ramadhani