Didi Kempot: Muara Bagi Mereka yang Patah Hati

Didi Kempot
Didi Kempot (https://sukoharjonews.com/)

LIFE, KLIKPOSITIF -- Didi Kempot, adalah seorang penyanyi jalanan tahun 80 an yang mampu mewarnai musik Indonesia pada era milenial. Di tengah terjangan musik elektronik seperti EDM, Trap, Breakbeat, dan Jungle, Didi Prasetyo-nama asli Didi Kempot berhasil memikat milenial dengan lirik bernuansa patah hati pada musik campursarinya.

Didi sendiri mulai aktif bermusik sejak 1989. Musik yang ia bawakan diperkenalkan kali pertama oleh R.M. Samsi dari kelompok musik RRI Semarang pada 1953. Campursari menggabungkan nada pentatonik dan diatonis. Sebuah percampuran antara tradisionalitas dan modernitas.

baca juga: PUBG Umumkan Kolaborasi Resmi dengan BLACKPINK

Pelantun lagu 'Stasiun Balapan' yang rilis pada tahun 1999 ini, kini seakan terlahir kembali. Kehadirannya pun diminati banyak kalangan. Mulai dari kalangan tua hingga pelajar. Hal ini terbukti dari konser-konser yang digelar oleh Didi Kempot.

Salah satu bukti kehebohan konser Didi Kempot adalah di Lumajang pada akhir pekan ini. Untuk menjamin keamanan konser, seperti dikutip dari Lumajangsatu, pihak kepolisian setempat sampai menurunkan 729 personil dengan sistem keamanan 3 lapis, serta 21 pengalihan arus lalulintas.

baca juga: NOAH Rilis Lagu Baru "Menemaniku", Ini Lirik Lagunya

"Kami menghimbau jangan membawa sajam, miras, atau sabuk yang besar," kata Kabaops Polres Lumajang, Kompol Yanto, Senin 6 Januari 2020.

Konser Didi di Lumajang adalah satu dari sekian banyak kehebohan konser yang digelar Didi Kempot sepanjang tahun 2019 lalu. Namun kenapa kemudian hari ini Didi Kempot mampu kembali menghidupkan musik campursari?

baca juga: Raffi Ahmad - Nagita Slavina Tawar Album Band NOAH dengan Harga Rp260 Juta

Sobat Ambyar

Nuansa patah hati dan kesedihan menjadi tema utama di setiap lagu Didi Kempot. Dua hal itu pula yang menjadi daya tarik Didi. Lewat lagunya itu pula, Didi seakan menjadi muara dari banyak persoalan patah hati dan kesedihan yang dihadirkan lewat lagu.

baca juga: Terungkap, Akhirnya Ariel NOAH Buka Suara Terkait Wanita Tercantik Versinya

Ia sendiri mengaku tidak begitu mengetahui kenapa musik campursarinya sekarang banyak diminati oleh para milenial.

Mereka yang menjadi penggemar Didi Kempot dengan musik campursarinya menamakan diri mereka sebagai Sobat Ambyar dan memberi julukan pada Didi sebagai 'Lord Didi' atau 'Tuan Didi', dan 'Godfather of Broken Heart'.

"Karena apa, karena anak-anak muda sekarang mau nonton Didi Kempot, tidak malu. Dia (Sobat Ambyar) bernyanyi lagu tradisional di depan kamera, seakan-akan betul-betul menikmati," katanya dalam sebuah konser di stasiun televisi akhir tahun 2019 lalu.

"Bahkan yang tidak tahu lagu saya banyak belajar dari teman-teman yang tahu," lanjut penyanyi yang sering mengenakan blangkon itu.

"Karena apa, karena anak-anak muda sekarang mau nonton Didi Kempot, tidak malu. Dia (Sobat Ambyar) bernyanyi lagu tradisional di depan kamera, seakan-akan betul-betul menikmati," tambahnya lagi.

Namun di sisi lain, Didi merasa cocok memadukan nuansa patah hati dengan musik yang muncul dari perpaduan instrumen gamelan Jawa dan Barat tersebut.

"Ya, mungkin karena tema patah hati mengena di anak-anak masa kini. Itu buktinya tiap saya nyanyi mereka selalu berjoget," ujarnya kemudian.

Terkenal di Kemenkeu

Tidak sampai di kalangan milenial saja, ketenaran Didi Kempot kini juga merambah lingkungan pemerintahan, salah satunya Kementerian Keuangan.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pelakunya. Dalam laporan APBN Kita bulan Desember 2019 lalu ia menjadikan nama musisi asal Surakarta tersebut sebagai alat efektif untuk menyampaikan informasi yang tepat pada masyarakat yang saat ini menurut dia haus hiburan.

"Masyarakat haus hiburan. Kalau mau like-nya setengah juta, saya bisa nyanyi dengan Didi Kempot. Saya tahu. Tapi harus dicari cara. Cara komunikasi harus dikomunikasikan secara matang jangan terlalu overselling," sebut Sri Mulyani.

Tahun 2020 ini, Karir Didi Kempot makin melejit. Pada akhir tahun 2019 lalu, ia resmi ditunjuk sebagai brand ambassador dari salah satu raksasa e-commerce di Indonesia, Shopee.

Tidak tanggung-tanggung, Shopee pun menargetkan transaksi melebihi 12 juta pada saat hari belanja online nasional (harbolnas) atau pesta diskon 12.12 lalu. Sementara untuk tahun ini, Ia akan turut meramaikan kampanye Shopee 2.2 Men Sale yang menawarkan aneka promo dan diskon spesial untuk produk-produk pria.(*)

Penulis: Pundi F Akbar