Zurneti: BPJS Satu Itu Seperti Curhat yang Tersalurkan, Ada Saat Kita Butuh Informasi

(Ist)

KLIKPOSITIF Kepuasan peserta merupakan salah satu komponen penting yang selalu dijaga oleh BPJS Kesehatan. Memberikan Layanan terbaik kepada peserta salah satu motivasi BPJS Kesehatan mengembangkan BPJS Satu Kepada peserta di Rumah Sakit. Seperti diketahui, BPJS Satu merupakan singkatan dari BPJS Kesehatan “Siap Membantu” dimana suatu bentuk program layanan yang menempatkan petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Zurneti (47) seorang Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat saat ditemui sedang bersama Petugas BPJS Satu sambil menunggu antrian layanan rawat jalan  di Rumah Sakit, ingin mengulik informasi mengenai BPJS Satu yang baru saja dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

baca juga: BPJamsostek Cabang Padang Bayarkan Klaim Sebanyak Rp70 Miliar Selama Pandemi COVID-19

“Terkadang saya suka bingung sendiri saat berobat di Rumah Sakit, disaat butuh informasi mengenai JKN ini, terutama saat ada kendala saat pelayanan. Tapi saat saya didatangi oleh Ibuk, dan dijelaskan kalau ibuk ini adalah petugas BPJS Satu dari BPJS Kesehatan. Saya merasa seperti curhat yang tersalurkan. Keluhan, bingung mau ngapain tadi hilang dengan adanya BPJS Satu ini. Saya bisa dapatkan informasi yang saya inginkan langsung dari BPJS Kesehatan tanpa harus ke kantor, malah datang sendiri,” ujar Zurneti sambil tertawa, (16/12).

Zurneti juga mengatakan, pelayanan seperti ini yang diinginkan oleh masyarakat, pemberian informasi  secara langsung serta menampung keluhan dari peserta, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara peserta dengan Rumah Sakit maupun peserta dengan BPJS Kesehatan.

baca juga: Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Data PBI-JK Dan PD Pemda, BPJS Kesehatan Koordinasi dengan Dinas Sosial

“Keluhan – keluhan peserta yang segera ditindaklanjuti dan dituntaskan sesegara mungkin seperti ini yang membuat orang nyaman berobat, selain pelayanan yang baik. Ketika keluhan yang ada ditindaklanjuti segera oleh petugas BPJS Satu maupun Unit pengaduan Rumah Sakit, kami tidak menjadi salah paham. Apalagi banyak berita yang beredar di tengah masyarakat, saat mereka mendengar dan dirasakan masyarakat saat memanfaatkan pelayanan kesehatan tentunya sangat merugikan BPJS Kesehatan maupun Rumah Sakit yang seharusnya masalah yang dapat diselesaikan dengan mudah,” ujar Zurneti.

Disamping itu Petugas BPJS Satu, Sarah Dewi Mustika saat dimintai tanggapan mengenai BPJS Satu mengatakan BPJS Satu merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik serta kepuasan peserta yang ada di Rumah Sakit. Sasaran utamanya peserta yang sedang memanfaatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit.

baca juga: BPJS Kesehatan Bukittinggi dan Pengawas Tenaga Kerja Lakukan Pemeriksaan Bersama

“Sasaran utama kami yaitu peserta yang sedang memanfaatkan pelayanan di Rumah Sakit, Kita hadir dengan memberikan informasi, edukasi dan pemahaman kepada peserta. Selain itu kami menampung setiap keluhan – keluhan dari peserta, jika berhubungan dengan Rumah Sakit, kami akan koordinasi. Ketika berhubungan dengan BPJS Kesehatan di unit yang berbeda kami akan segera koordinasi untuk ditindaklanjuti. Diharapkan peserta merasa puas dan mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ujar Sarah. [Relis]

 

Penulis: Khadijah