Jeep Adventure Community Pasbar, Gaya Hidup Maskulin Para Pecinta Alam

Para anggota JAC Pasbar menjajal rute ekstrem di Pasbar.
Para anggota JAC Pasbar menjajal rute ekstrem di Pasbar. (Dokumen JAC Pasbar)

PASBAR , KLIKPOSITIF -- Bodi kokoh dan garang dalam segala medan ekstrim menjadi keistimewaan mobil-mobil offroad JAC (Jeep Adventure Community). Bukan saja menjadi kendaraan fungsional, mobil 4X4 ini juga bermetamorfosis menjadi gaya hidup bagi kaum yang ingin mengidentikan diri dengan citra maskulin jelajah alam.

Di Kabupaten Pasaman Barat ( Pasbar ) terdapat beberapa komunitas pencinta jeep yang kerap mengelompokkan diri berdasarkan merk pabrikan kendaraan masing-masing. Namun, sejak Januari tahun 2014, mulai tercetus Jeep Adventure Community (JAC) Pasbar .

baca juga: Sikapi Sengketa Pertanahan Antara Masyarakat dengan Perusahaan, Ini Langkah Bupati Pasbar

Dikatakan Edmon, mulanya komunitas yang terbentuk di Simpang Ampek ini terdiri atas 6 mobil Suzuki Jimny saja. Namun, seiring berkembangnya pengguna Jimny di Pasbar , sekarang JAC Pasbar sudah memiliki 30 orang anggota. "Ini komunitas yang lebih universal. Semua mobil jeep yang bermerek Suzuki Jimny boleh masuk," kata Ketua Umum JAC Pasbar , Edmon (45) kepada KLIKPOSITIF , Selasa 16 Agustus 2016.

Jangan heran jika kebetulan melintas di jalan Pasbar pada Sabtu dan Minggu, deretan mobil Suzuky Jimny ini terlihat parkir di pinggir jalan. "Berbeda dengan komunitas otomotif yang sering memajang kendaraan lengkap dengan kerumunan pemiliknya, para anggota JAC Pasbar justru lebih suka berkumpul di tempat yang tersembunyi," ujar Edmon.

baca juga: Bidan di Pasbar Beri Penghargaan Dua Dukun Beranak

Biasanya selain kumpul di jalan, para anggota JAC dan anggota Suzuki Jimny Indonesia (SJI) Pasbar berkumpul di bengkel Donkrai, seorang mantan offroader yang pernah menjuarai beberapa iven di Sumbar-Riau. "Sekarang Donkrai sudah menjadi mekanik SJI dan membantu perbaikan mobil para anggota. Kalau mencari kita, cukup disana saja," tambah Rabi Zandriko, Ketua Pelaksana Harian SJI Pasbar .

Sementara itu, Hendi (31), Humas SJI mengatakan, jadwal untuk latihan offroad sendiri ditetapkan 2 kali dalam sebulan. Kegiatan ini menerobos kelebatan hutam rimba ini memang termasuk agenda rutin komunitas JAC Pasbar . Kegiatan offroad memang menjadi semacam kewajiban para pencinta jeep dan alam.

baca juga: Kasus Dugaan Pemalsuan SK Pengurus Partai Gerindra Pasbar, Polisi: 4 Orang Sudah Diperiksa

Untuk Kabupaten Pasbar , sudah banyak tempat dan lokasi dengan medan yang cukup menantang adrenalin seperti hutan Rimbo Canduang yang tembus di kaki Gunung Pasaman dan jalan Manunggal ABRI Jembatan Panjang Talu. "Kami tidak pernah gentar dalam menjajal Suzuki Jimny, kalau tidak tembus hari ini, maka minggu akan datang akan kami jajal kembali rute yang ekstrem tersebut," ujar Hendi.

Tidak hanya offroad, anggota JAC yang berisi sekumpulan orang yang ingin menyalurkan hobi di bidang otomotif juga dekat dengan alam dan kegiatan sosial, seperti tahun kemarin ikut berpartisipasi mengantar bantuan logistik ke bencana alam banjir bandang di Kecamatan Rao Pasaman sambil mengasah nyali dan keberanian.

baca juga: Anggota DPRD Pasbar Ini Minta Audit Proyek Mangkrak dan Penggunaan Dana COVID-19

[Malin Marajo]

Penulis: Agusmanto