Penelitian Ungkap Musik buat Orang Lebih Positif

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Musik adalah salah satu obat untuk mengusir kebosanan. Penelitian pun menunjukkan musik dapat meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

Musik juga dapat meningkatkan aliran darah dengan cara yang mirip dengan statin, menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol, dan mengurangi rasa sakit.

baca juga:

Dilansir dari Time Kim Innes, profesor epidemiologi di School of Public Health University West Virginia University mengatakan musik secara selektif mengaktifkan sistem neurokimia dan struktur otak terkait dengan suasana hati yang positif, regulasi emosi, perhatian dan memori.

Dalam penelitiannya pada 2016, Innes membandingkan manfaat musik dengan meditasi. Ia menemukan, kedua praktik tersebut ternyata dapat meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur secara signifikan.

baca juga:

"Baik meditasi dan mendengarkan musik adalah alat yang berpotensi ampuh meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan," tutur Innes.

Tidak hanya itu, musik klasik atau santai yang didengarkan satu jam sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur secara signifikan.

baca juga:

Di sisi lain, musik dapat dijadikan sebagai alat terapi. "Terapi musik dimulai dengan gagasan, sebagai terapis, kami berkolaborasi dengan seseorang yang ingin membantu diri mereka sendiri untuk merasa lebih optimis menggunakan musik," tutur Alan Turry, direktur pelaksana Pusat Terapi Musik Nordoff-Robbins di New York University.

Bentuk-bentuk lain dari terapi musik mungkin melibatkan menyanyi atau memainkan alat musik. "Musik adalah cara untuk melewati sisi rasional kita dan untuk berhubungan dengan kehidupan emosional yang sering kita sembunyikan,” kata Turry.

baca juga:

Penulis: Ramadhani