Ingin Berhenti Mendengkur Saat Tidur, Coba 7 Solusi Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIFMendengkur saat tidur  menjadi kebiasaan beberapa orang. Memang bukanlah hal yang mengganggu secara medis, namun akan mengganggu pasangan atau orang di sekitar kita saat tidur. Terlebih mendengkur dalam volume yang keras. 

Sebelum menjajal obat maupun terapi untuk mengatasinya, tak ada  salahnya untuk mengusahakannya sendiri terlebih dahulu. Dilansir dari Web MD, berikut solusi alami yang dapat membantu Anda berhenti mendengkur.

baca juga: Bertambah Lagi, Total Kasus COVID-19 di Agam Menjadi 39

1. Ubah posisi tidur
Berbaring telentang membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak Anda runtuh ke dinding belakang tenggorokan. Hal itu dapat menyebabkan suara bergetar saat tidur. Posisi tidur menyamping dapat membantu mencegah hal ini.

2. Menurunkan berat badan
Jika berat badan Andamulai mendengkur saat berat badan bertambah, penurunan berat badan bisa membantu. "Jika Anda menambah berat di sekitar leher Anda, itu meremas diameter internal tenggorokan, membuatnya lebih mungkin runtuh saat tidur, memicu dengkuran," kata Daniel P. Slaughter, MD, seorang otolaryngologist dan ahli mendengkur di Capital Otolaryngology di Austin, Texas.

baca juga: Pendemi COVID-19 Belum Usai, Heboh Muncul Virus Tick Borne di China yang Menular

3. Hindari alkohol
Minum alkohol empat hingga lima jam sebelum tidur membuat mendengkur bertambah buruk. "Orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur setelah minum alkohol.


4. Lakukan kebiasaan tidur yang baik
Kebiasaan tidur yang buruk dapat memiliki efek yang mirip dengan minum alkohol, kata Slaughter. Bekerja berjam-jam tanpa tidur yang cukup misalnya. "Anda tidak bisa tidur nyenyak yang kemudian membuat otot-otot menjadi serpih, yang menciptakan mendengkur," kata Slaughter.

baca juga: Bukan Kelinci Percobaan, Pakar Sebut Ini Manfaat Uji Coba Vaksin COVID-19 di Indonesia

5. Buka bagian hidung
Jika mendengkur dimulai di hidung Anda, menjaga saluran hidung tetap terbuka dapat membantu. Ini memungkinkan udara bergerak lebih lambat, kata Slaughter. "Bayangkan selang taman sempit dengan air mengalir. Semakin sempit selang, semakin cepat air mengalir."

Sebab jika hidung Anda tersumbat atau menyempit karena pilek atau penyumbatan lainnya, udara yang bergerak cepat lebih mungkin menghasilkan dengkuran. Mandi air panas sebelum tidur dapat membantu membuka saluran hidung.

baca juga: Pemko Padang Klaim Telah Putus Penyebaran COVID-19 di Klaster Pasar Raya Padang

6. Ganti bantal
Alergen di kamar Anda dan di bantal dapat berkontribusi untuk mendengkur. Juga, kapan terakhir kali Anda membersihkan kipas angin langit-langit? Coba ganti bantal Anda yang sudah penuh debu dan kuman itu.

7. Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik
Selalu minum banyak air. "Sekresi di hidung dan langit-langit lunak Anda menjadi lengket ketika Anda mengalami dehidrasi," kata Slaughter. "Ini bisa membuat lebih banyak mendengkur," tambahnya.

Sumber: suara.com
 
 

Penulis: Rezka Delpiera