Punya Masalah Pori-Pori Besar, Ini Cara Sederhana Mengatasinya

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -Setiap orang memiliki masalah kulit yang berbeda. Salah satunya adalah kulit dengan pori-pori besar.

Punya pori-pori besar adalah keluhan setengah dari populasi perempuan di bumi. Kulit wajah dengan pori-pori besar lebih sulit untuk diaplikasikan bedak lantaran permukannya yang tak rata.

baca juga:

Ada beragam cara untuk membuat pori-pori kecil pun dicari, mulai dari yang cara alami hingga menggunakan aneka produk kecantikan. Berikut cara sederhana mengecilkan pori-pori kulit:


Double cleansing

baca juga:

Pori-pori itu semacam 'jalan' bagi kulit untuk bernapas. Tapi, karena jalanannya terlalu lebar, pori-pori juga menjadi pintu masuk bagi segala kotoran dan bakteri untuk masuk ke dalam kulit. Jika kotoran dan minyak menumpuk di dalamnya, tampilan pori-pori akan semakin nampak besar.

Itu sebabnya, memastikan pori-pori selalu terjaga kebersihannya sangatlah penting. Kunci pembersihan wajah untuk pemilik pori-pori besar adalah double cleansing.

baca juga:

Awali prmbersihan kulit wajah dengan cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu, kemudian lanjutkan pembersihan kedua dengan sabun wajah dan air. Double cleansing bisa meminimalkan penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh sel kulit mati ataupun kotoran lainnya.

baca juga: Ketahui, Ini Empat Manfaat Bayam Merah untuk Kulit

baca juga:

Deep cleansing

Punya pori-pori besar artinya Anda akan 'bersahabat' dengan komedo. Menyebalkan memang, tapi itulah realita yang harus dihadapi. Itu sebabnya, perlu dilakukan deep cleansing dengan cara mengeksfoliasi kulit. Intinya adalah mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membuang komedo yang ada di permukaan kulit wajah.

Anda bisa menggunakan scrub atau produk exfoliator lainnya yang akan membantu mengeksfoliasi kulit. Bentuknya bisa berupa seperti sabun wajah ataupun masker.

Tidak masalah mau pilih yang mana, karena yang penting adalah kandungan yang dimilikinya. Umumnya, produk eksfoliasi mengandung zat exfoliator yang terdiri dari physical exfoliator (misalnya scrub) dan chemical exfoliator (misalnya BHA).

Moisturizing

Bersih saja tidak cukup, kulit wajah juga perlu dijaga kelembapannya. Kulit wajah yang lembap akan membuat pori-pori tampak lebih kecil. Selain menggunakan pelembap atau skin care lain yang sifatnya hydrating, Anda juga bisa menggunakan serum khusus untuk mengecilkan pori-pori.

Penulis: Ramadhani