Jaga Kesehatan Jantung, Konsumsi 3 Makanan Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Pola makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebaliknya, makanan tinggi gula, garam, dan lemak jika dikonsumsi terlalu sering bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Namun jangan khawatir. Ada beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan jantung. Tiga makanan ini akan memastikan jantung Anda tetap sehat dan risiko serangan jantung berkurang jika dikonsumsi teratur. Berikut tiga makanan yang baik untuk jantung seperti dilansir dari timesofindia.

baca juga: Riset Ungkap Sarapan Susu Turunkan Kadar Gula Darah

1. Telur

Bukan hanya sebagai pembangkit protein, telur juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart, mengonsumsi telur tiap hari berkaitan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

baca juga: Waspada, Mendengkur Bisa Indikasikan Resiko Serangan Jantung

2. Buah berry

Buah berrry bukan hanya menjadi tambahan yang sangat lezat untuk smoothie harian Anda, tetapi juga baik untuk jantung. Menurut penelitian, asupan harian 1 cangkir (150 gram) blueberry bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah.

baca juga: WHO Prediksi Kematian Akibat Covid-19 Bisa Mencapai 2 Juta

Hal ini karena blueberry kaya akan antosianin, antioksidan yang membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

 3. Bayam

baca juga: Temukan Antibodi Potensial, Ilmuwan Jerman Kembangkan Vaksin COVID-19 Pasif

Jantung merupakan buah berdaun hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya sumber vitamin K, bayam juga mengandung nitrat yang keduanya bermanfaat memberikan perlindungan dari penyakit jantung dengan melindungi arteri dan mengurangi tekanan darah.

Sumber: suara.com

Penulis: Rezka Delpiera