Kim: Saya Lebih Nyaman Bekerja dengan Adanya JKN - KIS

Kanadi Warman (27) seorang wartawan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Provinsi Sumatra Barat.
Kanadi Warman (27) seorang wartawan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Provinsi Sumatra Barat. (Ist)

KLIKPOSITIF Sebagai seorang wartawan yang memiliki mobilitas yang tinggi, dituntut untuk selalu siap dimanapun dan kapanpun tanpa melihat kondisi dan waktu.

Begitulah yang dirasakan oleh Kanadi Warman (27) seorang wartawan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) Provinsi Sumatra Barat. Pria yang biasa dipanggil Kim menyampaikan kepada Jamkesnews, ia merasa bangga ikut berpatisipasi dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN – KIS). Program ini telah banyak membantu masyarakat, khususnya lagi untuk dirinya dan keluarga..

baca juga: Wirfha Tanjung, Setahun Hanya Bisa Berbaring di Ranjang Berjuang Melawan Penyakit Hingga Anak Putus Sekolah

“Semenjak adanya Jaminan Kesehatan, saya lebih nyaman bekerja di lapangan baik di dalam kota maupun di luar kota. Karena meskipun pada saat meliput berita di luar kota, ketika sedang sakit di luar kota pun saya dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tingkat pertama terdekat dimana saya berada saat itu juga.

Saya jadi tidak Khawatir lagi memikirkan biaya pengobatan kalau sakit. Asalkan ada Kartu JKN – KIS dan sesuai prosedur, kesehatan saya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Apalagi sekarang sudah tersedia Kartu KIS dalam bentuk digital dimana kita tinggal download aplikasi Mobile JKN di Playstore, semua yang kita butuhkan ada dalam aplikasi Mobile JKN,” ujar KIM kepada tim Jamkesnews, (29/08).

baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

Lebih lanjut Kim merasa bangga telah ikut berpatisipasi dan bermitra dengan BPJS Kesehatan. Dengan Prinsip gotong royong semua tertolong, menyadarkan kita bahwa masih banyak masyarakat di luar sana yang membutuhkan biaya pengobatan dari iuran yang dibayarkan.

“Saya sebagai peserta JKN – KIS sekaligus mitra BPJS Kesehatan sangat bangga ikut bertisipasi dalam program yang mulia ini. Sepengetahuan yang saya lihat, banyak masyarakat yang telah terbantu dengan Program JKN – KIS ini, terlebih lagi masyarakat yang kurang mampu sangat memerlukan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan. ,” ujar KIM.

baca juga: BPjamsostek KCP Padang Pariaman Berikan Bantuan Penanganan COVID-19 untuk Pemko Pariaman

Kim mengungkapkan bahwa sebagai jurnalis mempunyai tanggung jawab untuk meningkatkan pengetahuan dan edukasi masyrakat dengan menginformasikan apa yang terjadi secara aktual, faktual, berimbang dan cermat.

“JKN – KIS merupakan program negara yang harus didukung oleh semua orang. Program yang memberikan begitu banyak manfaat, coba kita lihat sudah berapa banyak masyarakat yang telah tertolong sama JKN – KIS ini.

baca juga: Melalui BPJS Mengajar, Mengenal Lebih Dekat Lagi Program JKN-KIS

Meskipun masih banyak yang harus diperbaiki dalam Jaminan Kesehatan, tapi tidak dapat dipungkiri kehadiran JKN – KIS dengan prinsip gotong royongnya banyak membantu masyarakat dan kita patut berbangga dengan iuran kita telah banyak menolong saudara – saudara kita yang sedang membutuhkan biaya rawatan pelayanan kesehatan,” tutup Kim.

[Rilis]

Penulis: Khadijah