Ini Jenis-jenis Masker Wajah dan Fungsinya, Anda Perlu Tahu

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF -- Menggunakan masker wajah harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah ingin sekedar merawat kesehatan kulit wajah atau mengatasi masalah di kulit wajah seperti jerawat. Pasalnya, setiap jenis masker wajah memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pun, masker wajah yang digunakan harus cocok dengan karakter kulit wajah.

Berikut ini adalah jenis masker wajah yang bagus untuk Anda gunakan.

baca juga: Sekolah Daring Berpotensi Bikin Mata Anak Minus, Ayo Deteksi

1. Clay Mask
Clay mask atau masker tanah liat adalah jenis masker terbaik untuk melembapkan kulit wajah. Hal ini karena tanah liat efektif untuk menjaga kulit wajah tetap terhidrasi. Clay mask juga berfungsi untuk mengendalikan kadar minyak sehingga, masker ini cocok bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

Selain itu, manfaat masker wajah dari tanah liat adalah untuk menghilangkan komedo, menghilangkan jerawat, dan membersih kotoran yang menempel di kulit wajah.

baca juga: 3 Perantau yang Pulang ke Pariaman Positif COVID-19, Penutupan Posko Utama Satgas Batal

2. Sheet Mask
Masker wajah selanjutnya adalah sheet mask. Masker wajah yang berasasl dari Korea Selatan ini adalah jenis masker wajah yang bagus untuk semua kulit wajah. Itu juga yang menjadikan sheet mask sebagai masker wajah yang paling umum digunakan.

Manfaat sheet mask adalah untuk menjaga kelembaban kulit, mencegah kulit dari dehidrasi, serta melindungi kulit wajah dari kerusakan oleh karena jenis masker ini mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan.

baca juga: Besok, Proses Belajar Tatap Muka di Pariaman Dimulai

3. Cream Mask
Selain sheet mask, cream mask atau masker krim adalah jenis masker wajah yang paling umum digunakan.

Masker wajah jenis krim cocok untuk Anda yang memiliki atau mengalami kulit wajah kering. Kandungan zat pada jenis masker wajah ini berfungsi efektif untuk menghidrasi kulit yang kering tersebut. Tak hanya itu, masker krim juga membuat kulit wajah tampak halus dan kenyal.

baca juga: Konsumsi Garam Ternyata Pengaruhi Kualitas Hubungan Seksual

Beberapa krim masker wajah diperkaya pula oleh sejumlah bahan alami seperti ekstrak kulit ganggang. Hal ini lantas menghasilkan manfaat cream mask untuk mengencangkan kulit wajah.

4. Gel Mask
Jenis masker wajah terbaik lainnya adalah masker gel.

Masker wajah berbentuk gel ini cocok untuk Anda yang memiliki tipe kulit wajah kering dan sensitif. Gel masker wajah yang cepat menyerap ke dalam kulit ini lantas berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, sekaligus memberikan sensasi sejuk dan menyegarkan pada kulit wajah.

Manfaat masker wajah gel ini tak lepas dari kandungan antioksidan dan juga kolagen. Keduanya memang merupakan zat yang efektif untuk menghidrasi kulit sekaligus detoksifikasi kulit wajah.

5. Sleep Mask
Jenis masker wajah pria dan wanita ini diformulasikan khusus untuk mengatasi dehidrasi pada kulit wajah, pun membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

Masker ini sangat cocok bagi Anda yang tinggal di wilayah kering, atau sehari-harinya beraktivitas di luar ruangan sehingga terpapar panas dan kotoran.

Sesuai dengan namanya, gunakan masker ini di malam hari selama Anda tertidur. Kemudian angkat keesokan paginya saat terbangun. Pakailah secara rutin dan teratur agar kesehatan dan kebersihan kulit wajah tetap terjaga.

6. Charcoal Mask
Masker wajah yang terbuat dari arang (charcoal mask) menjadi jenis masker wajah terbaik untuk kulit wajah apapun, entah itu kering atau berminyak.

Menggunakan masker charcoal pada wajah Anda membantu untuk detoksifikasi racun-racun yang ada pada kulit wajah. Gunakan masker wajah ini di malam hari saat tidur atau bisa juga saat siang hari jika Anda sedang tidak beraktivitas di luar ruangan.

7. Hyperpigmentation Mask
Ada juga jenis masker wajah yang fungsinya untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit wajah.

Hiperpigmentasi pada kulit wajah akibat sejumlah kondisi seperti jerawat, penuaan kulit, hingga paparan sinar matahari ditandai oleh perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.

Menariknya, masker wajah untuk mengatasi hiperpigmentasi (hyperpigmentation mask) ini bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan alami alih-alih berobat ke dokter spesialit kulit yang bisa memakan biaya cukup besar. Bahan alami untuk membuat masker wajah alami untuk hiperpigmentasi yaitu kunyit.

Ya, dipilihnya kunyit sebagai bahan alami pembuat masker wajah dikarenakan kunyit mengandung zat yang dapat meredakan peradangan (inflamasi) sebagai pemicu dari hiperpigmentasi.

8. Peel-Off Mask
Peel-off mask—sesuai dengan namanya—adalah jenis masker wajah yang berfungsi untuk mengangkat segala yang ada di lapisan kulit wajah bagian atas.

Menggunakan peel-off mask membantu mengangkat sel kulit mati, komedo, hingga debu dan kotoran yang menempel. Gunakan masker ini di malam hari selepas beraktivitas. Atau, Anda bisa menggunakannya di sinag hari saat sedang tidak banyak beraktivitas di luar ruangan.

9. Masker Anti Kerutan
Kerutan adalah masalah kulit wajah lainnya yang kerap dikeluhkan. Namun, kerutan pada wajah bisa dicegah bahkan diatasi dengan rutin menggunakan masker wajah, khususnya jenis masker wajah anti kerutan.

Masker wajah anti kerutan dapat dibuat secara mandiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti alpukat dan bubuk cokelat. Anda bisa mengolah keduanya hingga berbentuk pasta untuk kemudian dioleskan ke kulit wajah.

Gunakan jenis masker wajah ini secara rutin untuk mencegah maupun mengatasi kerutan wajah secara efektif.

10. Exfoliating Mask
Jenis masker wajah terbaik yang terkahir adalah exfoliating mask.

Exfoliating mask adalah masker wajah yang mengandung asam hidroksi dan ekstrak bahan alami. Hal ini menghasilkan manfaat exfoliating mask untuk mengangkat kulit mati pada permukaan kulit wajah, sekaligus membersihkan kotoran dan debu yang menyebabkan penyumbatan pada pori-pori.(*)

Sumber: Doktersehat

Penulis: Eko Fajri