Cara Membaca Tespek, yang Mana Hasil Anda?

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Banyak wanita yang menggunakan tespek untuk memastikan apakah ia hamil atau tidak. Ya, di samping memeriksakan diri ke dokter, tespek menjadi “tempat bertanya” para wanita (mungkin termasuk Anda salah satunya) ketika merasakan tanda-tanda kehamilan seperti mual. Nah, Anda yang baru pertama kali menggunakan test pack mungkin agak sedikit bingung: Bagaimana cara membaca tespek?

Apa Itu Tespek?
Tespek adalah nama untuk sebuah alat yang fungsinya mendeteksi kehamilan.

baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Ibu Akan Melahirkan

Tespek bekerja dengan cara mengidentifikasi ada atau tidaknya human chorionic gonadotropin (HCG) atau hormon kehamilan pada urine wanita. HCG atau hormon kehamilan sendiri dihasilkan oleh plasenta yang bergerak dari rongga rahim untuk kemudian menempel pada dinding rahim pasca sel telur dibuahi oleh sel sperma. HCG akan bertambah 2 (dua) kali lipat setiap 2-3 hari dan sebagian ikut terbuang bersama urine.

Tespek (test pack) tersedia di apotek maupun supermarket. Ada dua jenis test pack yang bisa Anda pilih, yaitu:

baca juga: Ingin Tingkatkan Peluang Hamil? Pakar Sebut Tidur Sebagai Kunci

- Tespek kertas atau strip (dip stick test pack), adalah jenis tespek yang penggunaannya dengan dicelupkan pada sampel urine. Setelah 5-10 detik, simbol yang terdapat di ujung tespek akan mengalami perubahan warna apabila ditemukan kandungan hormon HCG di dalam urine
- Tespek plastik , adalah jenis tespek yang penggunaannya bisa dengan mencelupkannya ke dalam wadah yang berisi urine atau meneteskan beberapa tetes urine ke ujung alat ini. Apabila positif hamil , maka simbol strip yang ada pada tespek akan berubah warna

Cara Membaca Tespek (Positif, Negatif, Samar-Samar)
Kendati terlihat mudah, faktanya banyak dari Anda—khususnya yang belum pernah mengalami kehamilan sebelumnya—dibuat bingung ketika hendak menggunakan tespek (test pack) guna memastikan kondisi tersebut.

baca juga: Benarkah Melahirkan Anak Pertama dengan caesar Mempersulit Kehamilan Selanjutnya? Ini Temuan Peneliti

Hasil tespek terdiri dari 3 (tiga) yakni hasil tespek positif, hasil tespek negatif, dan hasil tespek samar-samar-samar. Lantas, bagaimana cara membaca tespek tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Cara Membaca Hasil Tespek Negatif
Hasil tespek negatif ditunjukkan dengan satu garis pada indikator test pack yang Anda gunakan untuk mendeteksi kehamilan.

baca juga: Mau Travelling saat Hamil? Ini yang Wajib Diperhatikan

Sebagai informasi, alat tes kehamilan tespek memiliki 2 garis yang terdiri dari garis kontrol (control line) dan garis hasil (result line). Apabila hasil tespek negatif, garis yang muncul hanyalah garis kontrol sedangkan garis hasil tidak muncul oleh karena memang tidak adanya hormon HCG alias hormon hamil yang terdeteksi.

Ada juga kasus di mana hasil tespek negatif padahal Anda telat haid. Jika demikian, maka cobalah untuk kembali melakukan tes dalam kurun waktu 3 hari ke depan.

2. Cara Membaca Hasil Tespek Positif
Selamat! Anda hampir dipastikan positif hamil apabila setelah mencelupkan tespek ke dalam urine (atau meneteskan urine pada tespek), indikator yang ada pada alat tes kehamilan ini menunjukkan adanya dua garis.

Dua garis tersebut seperti yang sudah disampaikan sebelumnya merupakan garis kontrol (control line), dan garis hasil (result line). Munculnya garis hasil mengindikasikan adanya hormon HCG alias hormon kehamilan pada urine.

Setelah mengetahui hasil tespek positif, segera kunjungi dokter spesialis kandungan guna memastikan kehamilan Anda tersebut.

3. Cara Membaca Hasil Tespek ‘Samar-Samar ‘
Perlu diperhatikan, ada kalanya salah satu garis tersebut (biasanya garis yang di bawah) terlihat kurang jelas atau bisa dikatakan ‘samar’. Jika seperti ini, maka tetap tergolong hasil tespek positif. Namun ada kemungkinan kehamilan tidak akan mengalami perkembangan.

Oleh karenanya, segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mendapati hasil tes positif yang tidak terlalu jelas guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Selain itu, hasil tespek samar-samar juga bisa berupa tidak munculnya kedua garis, baik garis kontrol maupun garis hasil. Pada kasus ini, maka hasil tespek berstatus gagal (invalid).

Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini, misalnya kadar hormon HCG yang belum terlalu banyak sehingga hasilnya pun belum maksimal. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan tespek 12-14 hari setelah terlambat haid. (*)

Sumber: Doktersehat

Penulis: Eko Fajri