BPJS Kesehatan Gelar Pertemuan Koordinasi dengan Petugas FKTP se-Kabupaten Pasaman

(Ist)

KLIKPOSITIF - BPJS Kesehatan selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik tidak hanya bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS), tetapi juga bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sebagai salah satu mitra kerja BPJS Kesehatan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dalam bentuk peningkatan pemahaman PIC (Personal In Contact) dari masing-masing FKTP di Kabupaten Pasaman terhadap aplikasi dan program pendukung yang dilaksanakan oleh FKTP dalam memberikan pelayanan Peserta JKN-KIS di lapangan. Salah satu bentuk upaya tersebut adalah melalui kegaiatan sosialisasi aplikasi Health Facilities Information System (HFIS), aplikasi Primary Care (Aplikasi Pcare) dan PIC Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) kepada PIC FKTP se-Kabupaten Pasaman yang dilaksanakan pada tanggal 03-04 September 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh PIC PCare, HFIS dan Prolanis dari seluruh FKTP di Kabupaten Pasaman.

baca juga: 1.817 Pegawai Non ASN di Pemkab Solok Sudah Terdaftar di BP Jamsostek

Kepala Bidang Penjamin Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Antoni Rahmat, menjelaskan bahwa pertemuan ini merupakan salah satu bentuk upaya dari BPJS Kesehatan untuk meningkatkan pemahaman masing-masing PIC terhadap Aplikasi HFIS maupun PCare yang digunakan di FKTP.

“Aplikasi HFIS (Health Facilities Information System) merupakan Aplikasi berbasis website yang dapat dipergunakan melalui internet publik oleh semua calon fasilitas kesehatan maupun fasilitas kesehatan yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan pada website BPJS Kesehatan. Aplikasi ini merupakan sumber informasi penting bagi Fasilitas Kesehatan maupun BPJS Kesehatan terkait profil lengkap masing-masing FKTP. Dengan pertemuan tersebut diharapkan masing-masing PIC melengkapi data/informasi dengan lengkap sehingga tidak menggangu proses pemberian pelayanan melalui Aplikasi PCare di FKTP. Semua aplikasi saling berhubungan sehingga diperlukan pemahaman yang sama dan benar terkait semua aplikasi tersebut,” ujar Antoni.

baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Anda Menunggak? Bayar Segera, Ada Program Keringanan Pembayaran Tunggakan

Selain di Kabupaten Pasaman, kegiatan ini juga telah dilaksanakan di Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat dan Kota Bukittinggi. Melalui kegiatan ini juga disampaikan tentang Aplikasi PCare (Primary Care) yang merupakan aplikasi yang digunakan oleh FKTP dalam memberikan pelayanan kepada Peserta JKN-KIS yang datang ke FKTP baik kunjungan sehat, kunjungan sakit maupun kegiatan lainnya yang dilaksanakan di FKTP. Sejalan dengan kegiatan ini juga dilakukan pemahaman yang sama terkait Sistem Rujukan Online melalui Aplikasi PCare.

Tidak hanya itu, FKTP sebagai Gate Keeper dalam pelayanan kesehatan tidak hanya menjalankan fungsi kuratif tapi juga promotif preventif. Salah satu kegiatan promotif preventif adalah Kegiatan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang merupakan salah satu program dari BPJS Kesehatan di FKTP khusus bagi Peserta dengan penyaki Diabetes Mellitus dan Hipertensi.

baca juga: BPJS Kesehatan dan PWI Agam Bagikan Ratusan Masker kepada Jamaah Shalat Jumat di Masjid

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh PIC yang telah membentuk klub dan menjalankan secara rutin kegiatan Prolanis di FKTPnya serta melakukan pemantauan kesehatan setiap peserta Prolanis. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di FKTP, sehingga membantu peserta JKN - KIS untuk sadar dan memiliki kemauan serta pengetahuan tentang hidup sehat," ujar Antoni.

Pada kesempatan yang sama, Debby Saputra salah satu peserta dari PIC Prolanis dari Puskesmas Rao Kabupaten Pasaman menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan telah mengadakan kegiatan ini. Keberadaan aplikasi HFIS dan Pcare yang dikembangkan BPJS Kesehatan serta Prolanis membawa dampak besar bagi pelayanan kesehatan, prmotif dan preventif terhadap paserta JKN – KIS.

baca juga: BPJS Cabang Payakumbuh: Peserta JKN-KIS yang Nunggak Iuran Bisa Manfaatkan Layanan Relaksasi

 “Kami sangat menyambut baik pertemuan yang diadakan BPJS Kesehatan ini, karena melalui kegiatan ini kami bisa mengevaluasi pelayanan kesehatan yang telah kami berikan selama ini, membahas kendala – kendala yang terjadi dilapangan dan tantangan kedepan yang dibahas mengenai kualitas pelayanan kesehatan di FKTP” tutup Debi.

[Rilis]

Penulis: Khadijah