Pemkab Ingin Wujudkan UHC di Pessel

Kabid Yankes Dinkes Pessel, Vera Kornita
Kabid Yankes Dinkes Pessel, Vera Kornita (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL , KLIKPOSITIF  -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan , Sumatera Barat mendorong Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta terlaksana dalam meningkatan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di daerah setempat.

"Saat ini kita terus mengupayakan UHC, bagaimana seluruh masyarakat kita terakomodir dalam JKN-KIS," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Pesisir Selatan , Vera Kornita, Jumat 6 September 2019.

baca juga: Hari Ini Pasien Sembuh COVID-19 di Pessel Bertambah 9 Orang, Positif Baru 5 Orang

Dia menjelaskan, universal health hoverage adalah program yang memastikan masyarakat memiliki akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus menghadapi kesulitan finansial. Namun, untuk mencapai itu setidaknya, kepesertaan JKN-KIS di daerah itu harus mencapai antara 90 hingga 95 persen.

"Sementara kita saat ini baru 70 persen. Jadi belum bisa UHC," terangnya.

baca juga: Pencarian Satu Korban Hanyut di Airpura Pessel Hingga Hari Ketiga Belum Membuahkan Hasil

Untuk mendorong hal ini, pihak butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari perusahaan-perusahan sebagai pemberi upah. Karena sejauh ini, masih banyak ditemukan yang belum menerapkan aturan yang ada.

"Jadi kami memohon, perusahan-perusahaan wajib mandaftarkan pekerjanya. Begitu juga dengan tenaga kontrak pemerintah, ini sudah mulai kami lakukan," terangnya.

baca juga: Paslon 01 Pilkada Pessel Singgung Soal Wisata Halal, Paslon Urut 03 Sebut Hal Ini

Dari data Dinkes Pessel , sampai tahun 2019 jumlah peserta yang sudah menerima iuran JKN-KIS APBD dan APBN di daerah tersebut baru mencapai 227 ribu orang, dari 508 ribu jiwa penduduk (data BPS).

Sementara dari data total keseluruhan menurut data Dinkes, kepesertaan JKN-KIS di daerah itu baru mencapai 70 persen termasuk peserta mandiri, dan masih jauh dari angka 90 persen.

baca juga: 3 Jam Debat Kandidat Putaran Kedua, Ini Hasilnya

[Kiki Julnasri]

Penulis: Iwan R