Lebih dari 2.000 Orang Meninggal Karena Wabah Ebola di Kongo

ilustrasi wabah ebola
ilustrasi wabah ebola (net)

KLIKPOSITIF -- Wabah ebola kembali merebak di Republik Demokratik Kongo. Data terbaru menyebut, sudah lebih dari 2.000 orang meninggal akibat penyakit ini. Pemerintah Kongo menyebut sudah ada 3.004 kasus positif ebola, dan angka kematian mencapai 2.006.

Masalah ini pun menarik perhatian kalangan agamis, yang sempat tidak menyetuji pemberian vaksin ebola pada masyarakat. "Lebih dari dua ribu orang meninggal tandanya ada masalah. Kita harus mencapai kesepakatan untuk menolak ebola dan mengeradikasinya selamanya," tutur Timothee Buliga, pendeta di Kongo dilansir Reuters.

baca juga: Anda Sering Merasa Pusing Saat Berolahraga, Ini Sejumlah Penyebabnya

Ini merupakan ke-sepuluh kalinya wabah Ebola merebak di Kongo. Berbeda dengan wabah-wabah sebelumnya, wabah Ebola kali ini terpusat di daerah Kivu dan Ituri, daerah dengan hutan lebat yang dikuasai pemberontak militer.

Hal ini memperlambat kinerja tim kesehatan, mengingat sulitnya akses mencapai pemukiman penduduk. Belum lagi ancaman kehilangan nyawa, yang terjadi akibat serangan militer dari pemberontak. Meski begitu, diketahui kemunculan kasus baru semakin berkurang dari pekan sebelumnya.

baca juga: Olahraga Ternyata Baik untuk Menjaga Saluran Cerna dan Sejumlah Organ Penting

Menurut WHO, sangat penting untuk menjaga perbatasan agar wabah Ebola dari Kongo tidak menyebar ke negara-negara Afrika lainnya. (*)

sumber: Suara.com

baca juga: Selain Ibadah Wajib, Ternyata Salat Subuh Menyehatkan

Penulis: Agusmanto