Minum Jus Lobak Rutin Setiap Hari, Rasakan Efek Ini pada Tubuh!

ilustrasi lobak
ilustrasi lobak (net)

KLIKPOSITIF -- Sudah lama sayuran  lobak digunakan sebagai ramuan tradisional mengatasi sejumlah penyakit. Salah satunya lobak putih yang dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Anda juga bisa mengonsumsi lobak jenis apapun dalam bentuk minuman jus karena memiliki banyak manfaat kesehatan .

baca juga: Tak Sekadar Bumbu Dapur, Ini Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan

Lobak merupakan sumber kalsium, zat besi, serat, vitamin K, B6, kalium dan fosfor yang baik. Selain itu, masih ada banyak kandungan lain dalam lobak yang sangat bermanfaat.

Namun, Anda tidak minum jus lobak murni. Melansir dari Plants Hospital, jus lobak perlu campuran buah atau sayuran lainnya untuk mengurangi rasanya yang pahit.

baca juga: Politisi PDI Perjuangan: Jangan Ada Justifikasi Masker Scuba atau Masker Kain

Anda bisa mencampurkan jus lobak dengan wortel atau apel untuk menyeimbangkan rasanya. Jika Anda mengonsumsinya setiap hari, jus lobak bisa mengatasi masalah sinus, empedu, hingga hati.

Berikut ini beberapa manfaat lain jus lobak dalam mengatasi sejumlah penyakit dan perawatan tubuh.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

1. Penyakit kuning

Jus lobak bermanfaat untuk membersihkan darah dengan efek antioksidan yang digunakan dalam pengobatan penyakit kuning. Dalam mengatasi penyakit kuning ini, Anda disarankan memilih lobak hitam.

baca juga: Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat, Ini Cara Alami Mengatasi Jerawat

2. Gangguan saluran kemih

Jus lobak bisa membantu meningkatkan produksi urine. Sebab, minuman ini melindungi diri dari infeksi ginjal dan masalah saliran kemih.

3. Wasir

Minuman jus lobak juga bisa digunakan untuk meredakan salah satu penyebab utama wasir. Caranya dengan meningkatkan pencernaan dan melemaskan usus.

4. Perawatan kulit

Jus lobak juga mengandung sejumlah vitamin C, fosfor, seng dan vitamin B kompleks yang bisa menjaga kelembaban kulit serta mencegah keriput.

5. Penurunan berat badan

Selain mengatasi penyakit, Anda juga bisa minum jus lobak dalam program penurunan berat badan. Minuman ini akan membuat Anda lebih lama kenyang. (*)

Penulis: Agusmanto