Ini Tips memilih Pakaian Saat Hamil yang Tepat

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Risiko memakai pakaian ketat cukup banyak meski tidak akan memicu keguguran. Oleh karena itu ibu hamil lebih disarankan menggunakan pakaian yang lebih longgar seperti daster atau kaos dan celana yang bisa melar.

Berikut beberapa tips memilih pakaian hamil dengan benar.

baca juga: Mengatasi Ketombe dengan Minyak Serai, Begini Caranya

1. Ketahui perubahan pada tubuh ketika awal kehamilan. Umumnya kehamilan dengan usia 1-3 bulan belum memberikan perubahan besar dan Anda masih bisa menggunakan pakaian yang setiap hari digunakan khususnya yang berjenis kaos dan celana jeans.

2. Setelah menginjak kehamilan 4-6 bulan, perubahan akan mulai terjadi. Anda bisa menggunakan pakaian sehari-hari, tapi jangan menggunakan bawahan yang salah. Bawahan harus terbuat dari kain dan melar. Pakaian bagian atas bisa dalam bentuk kaos biasa, tidak perlu langsung dokter.

baca juga: Sejumlah Vitamin Ini Bisa Bantu Mencegah Stres

3. Pada kehamilan yang menginjak 6-9 bulan, kemungkinan besar janin akan membesar dan menekan ke perut. Anda sudah tidak bisa menggunakan celana yang ketat. Gunakan celana hamil khusus agar tidak memberikan tekanan yang terlalu besar perut. Saat ini ada banyak celana hamil yang bisa dibeli di pasaran.

4. Saat sedang tidur jangan memakai celana. Siapkan juga pakaian longgar seperti daster. Dengan menggunakan daster, Anda akan lebih nyaman saat tidur dan tekanan yang terjadi akibat pakaian tidak akan memicu kondisi beser. (*)

baca juga: Soal Virus Corona B117, Jokowi: Disiplin Jalankan Prokes

Sumber: Doktersehat

Penulis: Eko Fajri