Ladies, Pentingkah Membersihkan Wajah Sebelum Olahraga?

ilustrasi membersihkan wajah
ilustrasi membersihkan wajah (net)

KLIKPOSITIF -- Membersihkan wajah secara teratur setiap hari adalah hal yang tak boleh ditinggalkan karena kebiasaan ini akan berdampak pada kesehatan kulit wajah. Namun, bagaimana ketika sebelum olahraga, pentingkah untuk membersihkan wajah?

Melansir Style Caster, membersihkan wajah sebelum olahraga harus tetap dilakukan agar semua kotoran di permukaan wajah tak menyumbat pori ketika wajah kita berkeringat.

baca juga: Pakar UNICEF Sebut Pandemi Tingkatkan Cyberbullying

"Jika tidak membersihkan wajah sebelum olahraga, maka semua minyak, kotoran dan makeup yang ada di kulit akan menyumbat pori-pori ketika berkeringat," jelas dokter kulit bernama Dennis Gross.

Selanjutnya, Dennis menambahkan kebiasaan menyeka keringat dengan handuk akan membuat semua kotoran semakin masuk ke dalam pori-pori wajah. Hal ini membuat pori-pori semakin membesar dan menimbulkan jerawat. Agar terhindari dari jerawat, Dennis menyarankan kita untuk menggunakan skincare paling ringan sebelum berolahraga.

baca juga: Peneliti Temukan Gangguan Hidung Lain Pada Pasien Covid-19

"Hindari produk pelembap yang ‘berat’ karena setelah berolahraga, metabolisme tubuh akan meningkat dan secara alami kelenjar minyak akan keluar lebih banyak," jelasnya.

Dennis juga menyarankan untuk tidak memakai krim saat wajah berkeringat karena kondisi kulit belum siap dan tidak stabil pasca olahraga. "Jadi, tunggu sampai kulit kembali ke suhu ruang untuk menggunakan pelembap dan makeup," ujar dokter yang berbasis di New York ini. (*)

baca juga: Kaya Manfaat, Minyak Zaitun Bisa Cegah Sejumlah Penyakit

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto