Jadi Penyakit Paling Ditakuti, Berikut Lima Kanker yang Sangat Mematikan

ilustrasi kanker
ilustrasi kanker (net)

KLIKPOSITIF -- Dari banyaknya penyakit , kanker masih menjadi salah satu penyakit paling ditakuti. Penyakit ini berkembang ketika banyak sel abnormal terus tumbuh dan berkembang, yang lama kelamaan akan menumpuk menjadi tumor.

Akhirnya, pertumbuhan yang tidak terkendali ini menyebabkan sel abnormal menyerang jaringan di sekitarnya. Melansir Healthline, ada lebih dari 100 jenis kanker yang dinamai seperti jaringan atau organ tempat asalnya. Semua memiliki kemampuan untuk menyebar, tetapi beberapa lebih agresif daripada yang lainnya.

baca juga: Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia, Perawat SPH: Kebersihan Tangan Dapat Pengaruhi Kesehatan

Beberapa juga lebih mematikan daripada yang lain. Berdasarkan data National Cancer Institue (NCI), melansir Live Science, berikut lima kanker yang membunuh paling banyak orang di Amerika antara 2003 hingga 2007.

1. Kanker paru dan bronkial
Merokok dan penggunaan produk tembakau adalah penyebab utama. Kanker ini paling sering menyerang antara usia 55 dan 65 tahun. Ada dua jenis utama, yaitu kanker paru-paru non-sel kecil, yang paling umum, dan kanker paru-paru sel kecil, yang menyebar lebih cepat. Lebih dari 157.000 orang diperkirakan meninggal karena kanker paru-paru dan bronkial pada tahun 2010.

baca juga: DPR: Benahi Regulasi di Pintu Masuk Indonesia

2. Kanker usus besar (kanker kolorektal) dan dubur
Kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker dubur tumbuh dalam beberapa inci dari usus besar di dekat anus. Sebagian besar kasus dimulai sebagai gumpalan kecil, sel jinak yang disebut polip yang dari waktu ke waktu menjadi kanker .

3. Kanker payudara
Kanker payudara tidak hanya terjadi perempuan saja, tetapi juga pada pria. Kanker biasanya terbentuk di saluran yang membawa susu ke puting susu atau kelenjar yang memproduksi susu pada wanita.

baca juga: Hari Ini 78 Warga Tanah Datar Positif COVID-19, Seorang Pasien Meninggal Dunia

4. Kanker pankreas
Kanker pankreas dimulai pada jaringan pankreas, yang membantu pencernaan dan pengaturan metabolisme. Deteksi dan intervensi dini sulit dilakukan karena seringkali progresif secara diam-diam dan cepat, menurut Mayo Clinic.

5. Kanker prostat
Kanker ini adalah penyebab kematian akibat kanker kedua pada pria, setelah kanker paru-paru dan bronkial, menurut NCI. Kanker prostat biasanya mulai tumbuh lambat di kelenjar prostat, yang menghasilkan cairan mani untuk mengangkut sperma. Beberapa jenis tetap terbatas pada kelenjar, dan lebih mudah diobati, tetapi yang lain lebih agresif dan menyebar dengan cepat. (*)

baca juga: Sama-sama Buat Lesu, Wajib Tahu Ini Bedanya Anemia dan Talasemia

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto