Gencarkan Kolektabilitas Iuran Melalui “Kaos Pengingat Pembayaran Iuran”

(net)

KLIKPOSITIF - Tidak bisa dipungkiri semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya terdaftar dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan sejak Tahun 2014. Namun keberlangsungan Program JKN – KIS ini harus didukung semua pihak.

Meskipun menjadi peserta JKN – KIS wajib hukumnya bagi Warga Negara Indonesia. Namun tingkat kepatuhan peserta dalam membayar iuran masih relatif rendah.

baca juga: Wirfha Tanjung, Setahun Hanya Bisa Berbaring di Ranjang Berjuang Melawan Penyakit Hingga Anak Putus Sekolah

BPJS Kesehatan telah melakukan sejumlah upaya dilakukan untuk menggalakkan kepatuhan peserta dalam membayar iuran, salah satunya campaign “kaos pengingat pembayaran iuran” yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi di Simpang DPR Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman (05/07).

Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan simpang DPR dengan membagikan iuran sekaligus memberikan sosialisasi secara langsung kepada pedagang, ojek pangkalan maupun masyarakat sekitar yang sedang beraktifitas.

baca juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya

Yusuf (43) pria yang kesehariannya mangkal di pangkalan ojek simpang DPR Lubuk Sikaping sangat antusias dan senang menerima kaos pengingat pembayaran iuran JKN – KIS.

“Alhamdulillah, saya dapat kaos dari BPJS Kesehatan, nanti kami akan sering pakai, supaya masyarakat bisa baca dan teringat kalo dia belum bayar iuran peserta JKN – KIS. Jangan hanya bayar iuran pada saat sakit, baru ngeluh ini itu ke semua orang. Padahal kalau kita bisa menyisihkan tanpa membayar iuran pada saat sakit, kita telah menolong saudara – saudara kita yang lagi sakit. Jangan mau enaknya saja, gak ada bayar iuran lagi setelah sehat,” tutur Yusuf.

baca juga: BPjamsostek KCP Padang Pariaman Berikan Bantuan Penanganan COVID-19 untuk Pemko Pariaman

Kepala Kantor Kabupaten Pasaman, Syafruddin mengatakan sosialisasi melalui kaos pengingat iuran ini dilakukan di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia agar menyadarkan masyarakat untuk peduli tentang jaminan kesehatannya terhadap Program JKN – KIS yang memang dari awal sudah menggunakan sistem gotong royong.

“Pembagian kaos pengingat pembayaran iuran sekaligus sosialisasi ini merupakan salah satu inovasi yang lebih efektif dan efisien. Diharapkan masyarakat membacanya secara tidak sengaja akan teringat iuran JKN – KIS yang belum dibayar. Kami juga mendorong peserta untuk selalu membayar iuran tepat waktu agar peserta tidak terbebani jika telah menunggak iuran yang cukup memberatkan untuk melunasi. Oleh karena itu bayarlah iuran tepat waktu, agar kepesertaan JKN – KIS nya selalu aktif, karena kita tidak tahu kapan datangnya sakit ke kita,” tutup Syafruddin.

baca juga: Optimalkan Kepesertaan Perangkat Nagari, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Koordinasi dengan Perangkat Daerah Kabupaten Pasaman Barat

[Rilis]

Penulis: Khadijah