Optimalkan Insiden dan PRB, BPJS Kesehatan Bukittinggi Terjun Langsung Berikan Sosialisasi pada PIC Rumah Sakit

(Ist)

KLIKPOSITIF - Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi sekaligus memantapkan penerapan sitem Integrated System for Traffic Accident (INSIDEN), Rabu (10/07).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Anne Dwi Putri Idma menyampaikan PRB wajib dilakukan jika kondisi pasien sudah dalam keadaan terkontrol dan stabil dengan membawa surat keterangan rujuk balik dari dokter spesialis/sub speasialis FKRTL.

baca juga: Mau Tahu Lakalantas yang Ditanggung BPJS Kesehatan? Berikut Penjelasan BPJS Kesehatan Cabang Padang!

“Kami sengaja langsung melakukan sosialisasi ke PIC Rumah Sakit dengan tujuan untuk memantapkan INSIDEN dan penanganan penyakit pada peserta lebih baik dan pelayanan obat akan lebih komprehensif melalui PRB, khususnya pada penyakit – penyakit kronis yang terdiri dari diabetes melitus, hipertensi, jantung, asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), epilepsy, skizofren, stroke dan Sindroma Lupus Eritematosus (SLE). Kami juga akan melakukan sosialiasi secara door to door seperti ini di Rumah Sakit lainnya, dengan harapan memudahkan petugas PIC untuk menjalankan tugasnya dengan baik, “ ungkap Anne

“Seperti yang kita ketahui BPJS Kesehatan bersama PT Jasa Raharja (Persero) telah mengembangkan INSIDEN, sinergi aplikasi antara BPJS Kesehatan dengan Jasa Raharja berbasis web based sehingga dapat diakses dengan mudah oleh FKRTL. INSIDEN ini dilakukan dalama rangka memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat,” ujar Anne.

baca juga: BP Jamsostek Cabang Padang Serahkan Poster K3 kepada 14 Perusahaan Binaannya

Banyak manfaat yang diberikan dalam penerapan INSIDEN ini, salah satunya mempermudah penjaminan bagi korban kecelakaan lalu lintas. Keluarga korban tidak lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan atau Kantor Jasa Raharja untuk mengurus administrasi penjaminan. Dengan INSIDEN semua informasi penjaminan dapat dengan mudah dimonitor pada menu yang telah disediakan.

“Melalui INSIDEN ini, proses penjaminan dan koordinasi manfaat kini menjadi lebih mudah, cepat, tepat dan akurat dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada peserta. Selain itu kami sebagai petugas PIC menjadi lebih mudah dan transparansi kepada peserta. Inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan dengan Jasa Raharja ini perlu dicontoh dalam hal reformasi birokrasi,” ujar Fika petugas PIC di Rumah Sakit Achmad Muchtar.

baca juga: Bantuan Rp600 Ribu untuk Karyawan Harus Terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, Ini Alasannya

[Rilis]

Penulis: Khadijah