Tak Hanya Lucu, Ini Manfaat Lain Menonton Film Kartun untuk Anak

ilustrasi anak menonton film kartun
ilustrasi anak menonton film kartun (net)

KLIKPOSITIF -- Film kartun memang dibuat untuk anak-anak. Tetapi beberapa kartun juga sangat disukai oleh orang dewasa. Kartun memiliki efek positif dan negatif pada perkembangan kognitif serta perilaku anak.

Berikut beberapa efek positif dari kartun pada anak-anak:

baca juga: Wapres: Banyak Bayi di Indonesia Tidak Dapat ASI Eksklusif

1. Media belajar anak

Kartun dapat membantu anak-anak memulai pembelajaran lebih awal. Misalnya seperti kartun edukasi yang mempertontonkan bentuk, angka serta warna.

baca juga: Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Ibu Akan Melahirkan

Kartun semacam itu dapat mengajar anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan interaktif, sehingga membuat belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan.

2. Perkembangan kemampuan kognitif

baca juga: Viral Karena Merawat 6 Bayi Terlantar, Berikut 5 Fakta Wanita Cantik Ini

Menonton kartun dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak. Seperti bekerja, membentuk memori jangka panjang, fokus Anak, logika, penalaran, pemrosesan visual dan pendengaran.

3. Pengembangan bahasa

baca juga: Wajib Tahu, Ini Hubungan Pola Asuh dan Kecanduan Internet pada Anak

Kartun dapat mengajarkan berbagai bahasa pada anak-anak, sehingga membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan linguistik mereka.

Membiarkan mereka menonton kartun dalam bahasa ibu Anda, misalnya, membantu mereka mempelajari bahasa dengan lebih baik.

4. Peningkatan kreativitas

Kartun dapat membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas mereka. Anak dapat memikirkan ide-ide baru yang terinspirasi oleh kartun dan menghasilkan cerita atau karya seni baru berdasarkan kartun yang telah mereka lihat.

5. Menghibur

Anak-anak menganggap kartun lucu dan sering menertawakan kejenakaan karakter kartun. Tertawa adalah penghilang stres dan pembangun kepercayaan diri yang baik.

Ini juga meningkatkan kekebalan tubuh dan menyebabkan pelepasan endorfin yang menyebabkan kita memiliki perasaan positif. (*)

sumber: Suara.com

Penulis: Agusmanto