Anda Suka Makan Buah Leci? Lima Resiko Kesehatan Ini Mengintai

Buah Leci
Buah Leci (net)

KLIKPOSITIF -- Buah leci bisa dikonsumsi secara langsung, dicampur teh atau kue. Buah ini memiliki banyak nutrisi, di antaranya adalah vitamin, mineral, antioksidan, fitonutrien dan lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, Leci juga menyimpan banyak manfaat kecantikan untuk kulit maupun rambut kita. Namun, tahukah Anda bahwa leci yang kaya manfaat dengan sejumlah kandungan nutrisinya ini ternyata memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

baca juga: DPR Minta Pemerintah Turunkan Harga Tes Swab

Melansir dari goodhealthall.com, konsumsi leci berlebihan bisa memicu sejumlah penyakit yang mungkin membahayakan nyawa jika tak segera mendapat pertolongan. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Hipoglikemia
Bagi penderita diabetes mengonsumsi leci mungkin sangat membantu untuk menurunkan gula darah, tetapi konsumsi leci yang tidak terkontrol bisa menurunkan gula darah kita ke taraf yang sangat rendah. Kondisi inilah disebut hipoglikemia. Apalagi jika pasien diabetes sudah mengonsumsi obat untuk mengendalikan kadar gula darah, konsumsi leci justru akan memperburuk kondisinya.

baca juga: Ingin Kulit Wajah Lebih Sehat, Ini Cara Alami Mengatasi Jerawat

2. Tekanan darah rendah
Selain menurunkan gula darah, konsumsi leci terlalu banyak juga menurunkan tekanan darah hingga ke taraf paling rendah. Biasanya orang akan merasakan gejala seperti pusing, pandangan kabur, mual, dingin, keletihan ekstrem dan pernapasan pendek.

Karena itu, bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi dan sudah mengonsumsi obat tetap harus berhati-hati ketika mengonsumsi buah leci.

baca juga: Alat Tes COVID-19 Cepat Seharga Rp74 Ribu Akan Dipasok ke Seluruh Dunia

3. Menghilangkan keseimbangan tubuh
Konsumsi buah leci terlalu banyak mungkin akan meninggalkan rasa 'panas' di dalam tubuh yang bisa menghilangkan keseimbangan tubuh kita. Akibatnya, seseorang mungkin akan mengalami hidung berdarah, sakit tenggorokan, sakit mulut dan lainnya.

4. Autoimun
Leci yang merupakan sumber vitamin C sangat baik untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel-sel tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh. Di sisi lain, leci membuat sistem kekebalan tubuh bekerja lebih aktif melindungi diri dari mikroba penyebab penyakit.

baca juga: Mana yang Lebih Penting Untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan, Vitamin C atau D? Ini Jawabnya

Akibatnya, sistem kekebalan tubuh yang hiperaktif inilah dapat meningkatkan risiko penyakit autoimun seperti multiple sclerosis, lupus, rheumatoid arthritis dan lainnya.

5. Meningkatkan gula darah
Meskipun leci dipercaya mampu membantu menurunkan gula darah seperti yang dijelaskan sebelumnya. Bukan berarti leci tidak bisa menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes. Bagi penderita diabetes yang sudah minum obat kontrol gula darah lalu mengonsumsi leci bisa mengalami 2 kemungkinan, gula darah akan turun drastis atau justru naik drastis.

Karena itu, penderita diabetes harus sangat hati-hati ketika mengonsumsi leci. Dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi leci lebih dari 6 buah . Itulah lima risiko kesehatan yang mengintai bila Anda berlebihan makan buah leci, jadi hati-hati ya! (*)

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto