Rutin Berjalan Kaki Membuat Wanita Hidup Lebih Lama

ilustrasi wanita jalan kaki
ilustrasi wanita jalan kaki (net)

KLIKPOSITIF -- Wanita yang cukup jalan kaki setiap hari setara dengan sekitar dua mil, memiliki kemungkinan hidup lebih lama ketimbang mereka yang kurang aktif. Melansir dari Asia One, hal itu disarankan berdasar sebuah studi di Amerika Serikat.

Para peneliti memiliki hampir 17.000 wanita yang lahir di awal 70-an dan disuruh memakai accelerometer selama setidaknya empat hari untuk melacak langkah-langkah harian dan intensitas gerakan mereka. Secara keseluruhan, peserta mencatat rata-rata 5.499 langkah harian, atau sekitar 2,5 mil.

baca juga: Kesadaran Gaya Hidup Sehat Meningkat, Ini Dukungan Pemerintah Untuk Industri Jamu dan Sejenisnya

Selama masa penelitian sekitar 4,3 tahun, 504 wanita yang berjalan tidak lebih dari 2.718 langkah setiap hari meninggal. Di sisi lain, wanita yang mencapai setidaknya 4.363 langkah setiap hari adalah 41 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati.

"Bahkan sejumlah langkah sederhana dikaitkan dengan angka kematian yang lebih rendah," kata pemimpin penulis penelitian Dr. I-Min Lee dari Harvard Medical School dan Brigham and Women's Hospital di Boston.

baca juga: Benarkah Jantung Anda Sehat? Ketahui dengan Cara Mudah Ini

"Lebih banyak langkah yang diambil per hari dikaitkan dengan angka kematian yang bahkan lebih rendah hingga sekitar 7.500 langkah per hari, diluar itu tidak ada penurunan lebih lanjut yang diamati," kata Lee melalui email.

Namun, penelitian ini bukan eksperimen terkontrol yang dirancang untuk membuktikan apakah atau bagaimana jumlah atau intensitas langkah harian dapat secara langsung berdampak pada risiko kematian perempuan.

baca juga: KPU Padang Catat Sudah 469 KPPS Reaktif Covid-19, Bagaimana Persiapan Pencoblosan?

Juga tidak bisa dikatakan apakah wanita yang sehat lebih mungkin aktif dari pada teman sebaya yang kurang sehat, yang dapat menjelaskan beberapa hubungan antara jumlah langkah yang lebih tinggi dan angka kematian yang lebih rendah.

Meski begitu, penelitian lain menunjukkan bahwa segala bentuk aktivitas selain berjalan seperti aerobik memberikan manfaat kesehatan jika dilakukan secara kontinyu. (*)

baca juga: Bayi Ini Lahir dengan Antibodi Covid-19

sumber: Suara.com

Penulis: Agusmanto