Anda Insomnia? Coba Lima Hal dari Internet Ini untuk Mengatasi

ilustrasi insomnia
ilustrasi insomnia (net)

KLIKPOSITIF -- Insomnia atau gangguan tidur yang buat penderitanya susah tidur bisa dialami orang pada rentang usia berapapun, tapi lebih sering dialami orang tua.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Warwick Medical School melihat kualitas tidur dari sekitar 24.434 orang yang berusia 40 tahun ke atas dari 8 lokasi pedesaan global. Hasilnya adalah sekitar 16,6 persen menderita insomsia dan gangguan tidur lainnya.

baca juga: WHO Sebut Tiap Individu Perlu Melihat Resiko Penularan Mereka Sendiri

Penderita insomnia pun telah mencoba berbagai macam cara agar bisa tidur nyenyak, yaitu mulai dari menggunakan masker mata, asana yoga, teh chamomile. Namun, jika semua itu belum berhasil, berikut Suara.com lansir dari timesofindia , beberapa hal di ponsel yang diklaim bisa membantu cepat tidur.

1. Video menghias makanan
Melihat video memasak makanan bisa membuat seseorang lapar, tetapi melihat video seperti taburan keju, lelehan cokelat, dan makanan penutup yang diberi gula halus bisa menenangkan.

baca juga: Mendag Ancam Tutup Pasar Jika Pedagang Tak Patuhi Protokol Kesehatan

2. Tutorial makeup singkat
Kita bisa tertidur hanya saat kita tidak membuat diri sendiri stres karena mencoba tidur. Ada berbagai video tutorial makeup singkat di internet. Menonton video yang menenangkan dan indah dipercaya bisa membantu kita untuk cepat tertidur.

3. Bab sejarah
Duduk mempelajari bab atau esai sejarah kadang membuat kita mengantuk di kelas. Jadi, coba buka bab tersebut di ponsel dan mulailah membacanya.

baca juga: Ingat, Ini Panduan Pemotongan Hewan Kurban di Tengah Pandemi COVID-19

4. Musik yang menenangkan
Suasana yang tepat akan membuat Anda merasa santai dan akhirnya tertidur. Dengarkan musik santai di internet atau memainkan musik dengan volume rendah akan membuat Anda tak sadar ketika Anda mulai tertidur.

5. Kunjungi kembali memori masa kecil
Mendengarkan satu atau dua lagu pengantar tidur bisa jadi menjadi teman yang sempurna sebelum tidur.

baca juga: Wirfha Tanjung, Setahun Hanya Bisa Berbaring di Ranjang Berjuang Melawan Penyakit Hingga Anak Putus Sekolah

Pernahkah Anda mencoba lima cara diatas untuk mengatasi imsonia? Semoga saja bisa membantu. (*)

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto