Ingin Tingkatkan Kesehatan Mental? Konsumsilah Sepotong Buah Setiap Hari

peningkatan konsumsi buah dan sayuran bisa meningkatkan kesejahteraan mental dan kepuasan hidup
peningkatan konsumsi buah dan sayuran bisa meningkatkan kesejahteraan mental dan kepuasan hidup (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Penelitian mengatakan bahwa banyak mengkonsumsi buah dan sayuran baik untuk kesehatan fisik, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah dan sayur baik juga untuk kesehatan mental.

Sebuah studi dari Australia pada tahun 2016 menemukan peningkatan kesejahteraan psikologis setelah peningkatan konsumsi buah dan sayuran. "Kami ingin tahu apakah temuan ini benar dengan menggunakan sampel yang lebih besar dengan mengundang lebih dari 40.000 peserta dari UK Longitudinal Study. Analisis kami dan hasil penelitian selama 5 tahun menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi buah dan sayuran bisa meningkatkan kesejahteraan mental dan kepuasan hidup, bahkan setelah memperhitungkan faktor penentu lain dari kesejahteraan mental seperti kesehatan fisik, pendapatan dan konsumsi makanan lain," kata studi itu.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

Manfaat aktivitas fisik untuk kesehatan mental seimbang. Perkiraan dari penelitian menunjukkan bahwa menambahkan satu porsi ke dalam diet per hari dapat bermanfaat bagi kesehatan mental seperti halnya berjalan-jalan dengan tambahan tujuh hingga delapan hari dalam sebulan.

Satu porsi sama dengan satu cangkir sayuran mentah (seukuran kepalan tangan), setengah cangkir sayuran matang atau buah cincang, atau sepotong buah utuh. Hasil ini menggembirakan karena itu berarti bahwa salah satu cara yang mungkin untuk meningkatkan kesehatan mental Anda bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti makan sepotong buah ekstra setiap hari atau makan salad dengan makanan.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

Penting untuk di ingat bahwa temuan penelitian ini tidak dapat mengungkapkan hubungan sebab akibat dari konsumsi buah dan sayuran dengan peningkatan kesejahteraan psikologis.

"Dan kita tidak bisa mengesampingkan apa yang disebut "efek substitusi". Orang-orang hanya bisa makan begitu banyak dalam sehari, sehingga seseorang yang makan lebih banyak buah dan sayuran mungkin hanya memiliki sedikit ruang dalam makanan mereka untuk makanan yang tidak sehat," jelas penelitian itu.

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

Meskipun penelitian ini memperhitungkan banyaknya mengkonsumsi roti dan produk susu dalam penelitian , idealnya penelitian di masa depan harus melacak semua makanan lain yang dikonsumsi untuk menyingkirkan penjelasan alternatif.

Para penulis menunjukkan bahwa jumlah porsi buah dan sayuran yang dimakan dalam sehari dapat memprediksi apakah seseorang didiagnosis menderita depresi atau kecemasan dua tahun kemudian. Ini menunjukkan bahwa kemungkinan besar memakan buah dan sayuran memengaruhi suasana hati dan bukan sebaliknya.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

[Indah Amalya Tampubolon]

Penulis: Fitria Marlina