Cara Sederhana Atur Kekompakan Antara Ayah dan Anak Laki-Laki

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Karena peran seorang ayah sangat penting untuk tumbuh kembang dan karakter anak hingga dewasa nanti, jadi sangat penting untuk menjaga kekompakan dan kedekatan keduanya.

Namun, kesibukan kerja dan padatnya jadwal belajar anak terkadang membuat kebersamaan dan komunikasi mereka menjadi sangat minim. Tak heran jika kebanyakan seorang anak lebih dekat dengan sang bunda ketimbang ayah. Karena pada dasarnya seorang bunda lebih peka dan perhatian terhadap buah hatinya.

baca juga: Ini Cara Atasi Kebiasaan Anak Gigit Puting saat Menyusui

Dilansir dari laman Lip6, kalau Anda seorang pria yang sangat perhatian dengan keluarga dan anak tentu tak jadi masalah, sebaliknya jika Anda fokus dengan kerja dan mencari uang tentu agak sedikit sulit untuk menjaga komunikasi dan kekompakan dengan sang anak.

Melalui artikel berikut ini Anda akan mendapatkan beberapa cara sederhana untuk menjaga kekompakan antara ayah dan anak, terutama anak laki-laki.

baca juga: Kapan Anak Harus Vaksin? Bagaimana Jika Tertunda atau Terlambat

1) Bangun Pagi dan Olahraga Bersama
Semua dimulai dari inisiatif orang tua. Buat para ayah menghabiskan waktu bersama anak bisa dilakukan secara rutin tiap akhir pekan. Ajak sang anak bangun pagi dan olahraga bersama, ajaklah untuk bersepeda maupun mengikuti kegiatan Car Free Day.

2) Beribadah Bersama
Kalau Anda seorang muslim, tentu wajib sekali untuk mengajaknya sholat berjamaah. Tak hanya di rumah, Anda juga bisa mengajaknya ke mesjid bersama. Sebaliknya jika Anda seorang nasrani tentu pergi beribadah bersama setiap sabtu atau minggu sudah jadi aktifitas wajib.

baca juga: Bayi Baru Berusia 3 Minggu, Kok ASI yang Keluar Makin Sedikit?

3) Menaruh Perhatian Pada Hobi Masing-masing
Kalau kebetulan Anda dan anak memiliki hobi yang sama tentu sangat menyenangkan menghabiskan waktu bersama, sebaliknya jika berbeda, Anda bisa atur waktu dengan saling mengajak untuk mencoba atau ikutan hobi masing-masing. Misalnya, anak Anda gemar futsal atau basket, luangkan waktu untuk menemaninya atau sekadar menonton saja. Begitu juga jika Anda hobi memancing, tentu sesekali ajaklah sang anak untuk mancing bersama.

4) Shopping
Belanja dan kuliner bareng tak hanya identik dengan wanita dan para bunda. Para ayah dan anak laki-laki pun tentu perlu banget melakukan kegiatan ini untuk saling mendekatkan. Umumnya paling menyenangkan kalau belanja bareng mainan, tapi tak ada salahnya juga belanja pakaian.

baca juga: Ini Lima Manfaat Tidur Bersama Anak

5) Main Game Online Bareng
Ingin dekat dengan anak-anak zaman sekarang, cobalah melalui pendekatan game online. Sudah bukan rahasia lagi kalau anak laki-laki suka banget dengan game mobile legend, AOV atau bahkan PUBG. So, kalau Anda ingin jadi ayah kekinian tentu harus tahu permainan ini supaya bisa main bareng, ketawa dan berkompetisi bersama anak laki-laki Anda.

6) Nonton Film Bareng
Salah satu hiburan ayah dan anak laki-laki yang tak boleh dilewatkan adalah nonton film bareng. Selain nonton di bioskop, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk nonton film bareng di rumah. Kemudahan akses internet membuat film-film yang tidak sempat di tonton di bioskop bisa dinikmati di rumah tentunya dengan fasilitas tv kabel maupun melalui hardisk dan USB yang berisi deretan film populer. 

Penulis: Fitria Marlina