Ini Manfaat Psikologis Musik untuk Anda

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Mendengarkan musik bisa menghibur, tetapi apakah mungkin itu bisa membuat Anda lebih sehat? Musik dapat menjadi sumber kesenangan dan kepuasan setiap orang, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa ada banyak manfaat psikologis yang berbeda.

Gagasan bahwa musik dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku Anda, mungkin tidak terlalu mengejutkan. Karena memang seringkali musik mampu menenangkan pikiran dan memberi energi pada tubuh, dan bahkan membantu orang-orang mengelola rasa sakit dengan lebih baik. Dilansir dari laman verywell, berikut manfaat potensial mendengarkan musik .

baca juga: Sering Merasa Pusing Saat Berpuasa, Ini Sejumlah Penyebabnya

1. Musik dapat meningkatkan kinerja
Penelitian menunjukkan bahwa saat musik dimainkan dan waktu pendengar sedang berfokus pada aktivitas lain, hal itu dapat meningkatkan kinerja pada tugas-tugas kognitif. Pada saat Anda mengerjakan suatu tugas, pertimbangkan untuk menyalakan musik agar baik untuk kinerja mental Anda. Pertimbangkan untuk memilih lagu instrumental daripada lagu-lagu dengan lirik kompleks, yang mungkin akan lebih mengganggu.

2. Mengurangi Stres

baca juga: Riset: Seseorang yang Kurang Aktivitas Fisik Berpotensi Alami Gejala Lebih Parah Jika Terpapar Covid-19

Telah lama disarankan bahwa musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2013 terhadap sekelompok siswa, menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respon stres manusia, khususnya sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung cepat pulih setelah stres.

3. Musik tingkatkan daya ingat

baca juga: Ini Tips Menjaga Imun Selama Ramadan

Banyak siswa menikmati dan mendengarkan musik saat mereka belajar, tetapi apakah itu ide yang bagus? Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat meningkatkan daya ingat, namu n hal itu tergantung bagaimana Anda menikmati musik itu.

4. Musik Mempercepat tidur

baca juga: Hasil RIset, Berpuasa Membuat Massa Lemak dalam Tubuh Menurun

Bagi Anda yang menderita Insomnia, musik mampu mengatasi hal tersebut. Meskipun ada banyak pendekatan untuk menangani masalah ini, penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang santai dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau.

5. Musik mampu tenangkan hati

Manfaat lain dari musik yang didukung sains yakni musik membuat Anda lebih bahagia. Peneliti menemukan bahwa musik memainkan peran penting dengan suasana hati. Para peserta menilai kemampuan musik membantu mereka mencapai suasana hati yang lebih baik dan menjadi lebih sadar diri sebagai dua fungsi musik yang paling penting.

[Widy]

Penulis: Fitria Marlina