Ketika Berhenti Merokok, Anda Akan Dapatkan Manfaat Berikut Ini

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIFMerokok setiap hari memiliki banyak efek samping seperti dapat menurunkan kekebalan tubuh, penurunan berat badan, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, kerusakan paru-paru, kanker paru-paru, depresi, kegelisahan, agitasi dan penyakit berbahaya lainnya.

Jadi, jika Anda berencana untuk menjadi lebih sehat dengan berhenti merokok, inilah yang akan dilakukan tubuh Anda untuk memulihkannya dari penyakit:

baca juga: Surat Edaran Wali Kota Terkait Perayaan HUT RI Direvisi, Masyarakat Padang Boleh Adakan Lomba

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Merokok bisa menyempitkan pembuluh darah Anda dan membuat aliran darah ke berbagai organ tubuh menjadi lebih lemah, sehingga jika Anda menghentikan kebiasaan ini akan memperbaiki sirkulasi darah.

Detak Jantung Kembali Normal
Anda perlu mengetahui bahwa seorang perokok berat memiliki detak jantung dan denyut nadi kecepatan yang lebih tinggi, sehingga itu yang menyebabkannya terkena penyakit jantung. Jadi ketika seseorang berhenti merokok, denyut jantungnya akan kembali normal.

baca juga: Lagi, Empat Warga Tanah Datar Terkonfirmasi Positif COVID-19 Cluster Puskemas I Limo Kaum

Tubuh Lebih Banyak Menghasilkan Oksigen
Ketika Anda berhenti merokok, kandungan karbon monoksida yang masuk ke tubuh Anda menjadi berkurang, sehingga organ tubuh akan lebih mudah mencapai seluruh organ tubuh untuk mengalirkan darah.

Menurunkan Resiko Serangan Jantung
Hal ini dicatat oleh banyak penelitian bahwa orang yang berhenti merokok memiliki risiko serangan jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan orang yang merokok.

baca juga: Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-75, Positif Corona Tembus 2.345 Kasus

Meningkatkan Seluruh Indra
Setelah beberapa hari berhenti merokok, indra penciuman dan aroma seorang yang dulu merokok akan meningkat drastis, karena sebelumnya indra ini telah terhambat oleh nikotin. 

Melancarkan Pernapasan 
Berhenti merokok dapat meningkatkan fungsi paru-paru, karena seorang perokok akan mengalami kerusakan pada rambut kecil di paru-paru yang dikenal sebagai silia pulih yang disebabkan oleh tembakau. Jadi seiring waktu jika Anda berhenti merokok, pernapasan Anda akan lebih lancar.

baca juga: Satu Warga di Pessel Kembali Terkonfirmasi Positif COVID, Kali Ini dari Tarusan

Peningkatan kapasitas paru-paru
Sebuah studi ilmiah menemukan bahwa sekitar 3 bulan setelah Anda berhenti merokok, kapasitas paru-paru Anda meningkat sebesar 39%!

Penulis: Khadijah