Bahayakah Anak Jika Makan Mie Instan? Ini Dampaknya

ilustrasi anak makan mie instan.
ilustrasi anak makan mie instan. (internet)

KLIKPOSITIF -- Tidak bisa dipungkiri lagi, mie instan memang makanan yang enak dan praktis. Hampir sebagian besar orang tidak berhenti menggemari makanan yang satu ini. Sebenarnya, sudah banyak yang paham bahwa mie instan tidak baik bagi kesehatan .

Namun, kenikmatan dalam mie instan membuat makanan ini tetap laku di pasaran. Tak jarang juga anak -anak zaman sekarang sangat menyukai mie instan , alasannya karena MSG atau micin yang terkandung cukup banyak. Tapi apakah bahaya jika anak -anak makan mie instan ? Ini beberapa dampaknya:

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

1. Gizi buruk
Penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition Research and Practice 2011, menemukan bahwa anak yang sering mengonsumsi mie instan cenderung kelebihan garam dan lemak. Anak justru kekurangan protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C yang justru penting bagi tubuh. Itulah sebabnya anak bahkan hingga dewasa akan mengalami gizi buruk.

2. Risiko kanker
Jika anak makan mie instan setiap hari akan meningkatkan risiko terkena kanker. Hal ini dinyatakan dalam penelitian Jurnal Environmental Science and Pollution Research International, bahwa beberapa merk mie instan di Nigeria mengandung logam berat. Logam berat inilah yang akan memicu kanker.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

3. Obesitas dan kegemukan
Kandungan kalori yang tinggi pada mie instan dapat meningkatkan risiko obesitas dan kegemukan.

Asupan pada anak sangat penting diperhatikan oleh orang tua. Maka dari itu, berikan gizi yang baik dan jangan biarkan anak -anak mengonsumsi mie instan . (*)

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto