Anda Suka Makan Daging Ayam? Ini Bahayanya untuk Kesehatan

ilustrasi
ilustrasi (internet)

KLIKPOSITIF -- Olahan ayam menjadi salah satu menu makanan yang sangat disukai oleh semua kalangan. Selain mudah cara masaknya, lauk pauk daging ayam bisa dipastikan selalu ada setiap hari di meja makan. Di banding dengan daging sapi, daging ayam memang lebih murah dan lebih mudah diolah.

Namun makan daging ayam setiap hari ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh, berikut bahayanya:
1. Sebabkan sakit kepala
Jenis ayam potong atau ayam boiler ini memiliki potensi buruk bagi kesehatan . Bahan-bahan yang ada di dalam ayam menyimpan beberapa residu obat-obatan kimiawi. Bisa jadi karena memang ayam tersebut di suntik, atau berasal dari pakan ayam. Ini bisa berakibat fatal bagi tubuh Anda. Yang ditakutkan adalah jika bahan kimia tersebut bisa menyebabkan sakit kepala dan masalah neurologis lainnya.

baca juga: Sekolah Daring Berpotensi Bikin Mata Anak Minus, Ayo Deteksi

2. Banyak Karsinogen
Kelebihan zat kimiawi dalam tubuh akan berpengaruh buruk bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah memicu karsinogen di dalam tubuh. Karsinogen adalah zat pemicu kanker di dalam tubuh. Jika di biarkan akan menyebabkan resiko penyakit kanker apa saja. Jika sarang karsinogen berada pada bagian payudara, maka akan menyebabkan penyakit kanker payudara. Jika yang terserang pada bagian nasofaring, maka akan menyebabkan kanker nasofaring.

3. Infeksi pencernaan
Menurut sebuah tes yang dilakukan pada ayam broiler, ditemukan bahwa daging ayam 97 persen mengandung kuman dan bakteri berbahaya. JIka pencucian daging ayam tidak bersih, ini tentunya fatal untuk kesehatan pencernaan.

baca juga: 3 Perantau yang Pulang ke Pariaman Positif COVID-19, Penutupan Posko Utama Satgas Batal

4. Kebal antibiotik
Ayam broiler memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan itulah sebabnya mereka diperkuat dengan antibiotik atau zat kimiawi lain, ini bisa berpengaruh pada tubuh manusia. Ayam yang di beri anti biotik residu zat – zatnya tidak bisa hilang. Melainkan akan tetap menetap pada bagian daging ayam . Jika ini masuk ke tubuh manusia, maka anti biotik ini juga masuk ke dalam tubuh. Efek jangka panjangnya adalah manusia kebal terhadap anti biotik.

5. Menggunakan hormon sintetis
Banyaknya residu obat-obatan kimiawi dalam daging ayam karena di suntik, lalu dari pakan ayam diberi hormon sintetis yang membuat ayam pedaging terlihat lebih besar. Ketika dikonsumsi, ada kemungkinan hormon-hormon ini masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan masalah reproduksi.

baca juga: Besok, Proses Belajar Tatap Muka di Pariaman Dimulai

6. Kolesterol
Daging ayam ternyata mengandung kolesterol tinggi, terutama dibagian pada bagian kulit yang berlemak. Penumpukan kolesterol ini bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung. (*)

sumber: suara.com

baca juga: Konsumsi Garam Ternyata Pengaruhi Kualitas Hubungan Seksual

Penulis: Agusmanto