Anda Sering Minum Sambil Berdiri? Ternyata Ini Bahayanya

ilustrasi minum sambil berdiri
ilustrasi minum sambil berdiri (internet)

KLIKPOSITIF -- Jika sedang dalam keadaan mendesak, minum sambil berdiri memang tidak bisa dihindari. Padahal sudah jelas hal itu berbahaya bagi kesehatan . Selain dari segi kesehatan , minum sambil berdiri juga kurang cocok dengan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan. Maka dari itu sudah seharusnya kita minum sambil duduk.

Lalu apa saja sih bahayanya jika kita terpaksa minum sambil berdiri? Ini dia penjelasannya.
1. Perut kembung
Minum sambil berdiri membuat air masuk ke tubuh dengan cepat tanpa melewati dinding usus dengan baik. Kondisi tersebut akan membuat perut merasa tidak nyaman seperti kembung dan ingin muntah.

baca juga: Epidemiolog: Langkah Pemerintah Antisipasi Masuknya Varian Omicron Tepat

2. Lambung terluka
Tak hanya menyebabkan perut kembung, minum sambil berdiri menyebabkan air yang masuk ke lambung mengalir tidak merata sehingga membuat makanan dalam lambung sulit dicerna. Hal tersebut bisa melukai dinding lambung dan memicu peradangan lambung.

3. Terganggunya keseimbangan tubuh
Minum sambil berdiri juga menyebabkan tertekannya jaringan organ pada saraf pusat. Kondisi ini secara tidak langsung memaksa organ untuk terus bekerja menstabilkan keadaan tubuh. Akibatnya saraf tubuh stres dan memicu disfungsi saraf.

baca juga: Legislator Sarankan Tiga Langkah Sikapi Varian Baru Corona

4. Gangguan ginjal
Ketika kamu minum, air yang masuk akan melewati filter penyaringan terlebih dahulu. Tetapi tidak demikian jika kamu minum sambil berdiri. Filter penyaringan ginjal tertutup sehingga air langsung mengalir ke kandung kemih. Akibatnya, organ ginjal mengalami gangguan. Hal ini dikarenakan air yang tidak melewati proses filter, mempermudah terjadinya penumpukan kotoran di ureter.

5. Perut sakit
Minum air sambil berdiri menyebabkan tenggorokan menyempit dan berkerut. Hal tersebut membuat makanan sulit hancur dan membuat perut terasa nyeri. (*)

baca juga: Fadli Zon: Dunia, Jangan Lupakan Palestina

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto