Bahaya Tumor Otak Mengancam Pengguna Ponsel, Ini Cara Mengatasinya

ilustrasi bermain HP sambil  tidur.
ilustrasi bermain HP sambil tidur. (internet)

KLIKPOSITIF -- Ponsel telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Penggunanya terus meningkat secara konsisten setiap harinya. Meski ponsel membuat hidup lebih nyaman, namun fakta yang tak terhindarkan seakan menghantui, dimana ponsel memancarkan bahaya radiasi.

Bahkan, sebuah penelitian terkini menunjukkan hal menakutkan, ada hubungan antara peningkatan kasus tumor otak dengan peningkatan penggunaan ponsel . Studi tersebut mengatakan, peningkatan besar jumlah kasus tumor otak selama dua dekade terakhir dikatakan karena radiasi medan elektromagnetik dari ponsel .

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

Menurut berbagai penelitian yang dilakukan untuk mencari risiko yang terkait dengan penggunaan ponsel , bahwa ketika Anda memegang ponsel Anda dekat dengan telinga, 10 hingga 80 persen dari radiasi menembus dua inci ke otak dan bahkan lebih dalam pada anak-anak.

Dalam kasus-kasus terburuk, penggunaan ponsel dalam jangka panjang bahkan dipercaya dapat merusak neuron otak. Penggunaan ponsel dalam jangka waktu lama (durasi panggilan) dikaitkan dengan peningkatan risiko tumor otak pada manusia.

baca juga: Imunisasi Anak Berperan Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa risiko tumor otak meningkat dua kali lipat di antara mereka yang menggunakan ponsel selama lebih dari 25 tahun dan tiga kali lipat pada mereka yang mulai menggunakan ponsel sebelum usia 20 tahun.

Hal ini juga tergantung pada jumlah panggilan yang Anda terima dalam satu hari, durasi dan penggunaan per hari, penggunaan telepon seluler yang berat dapat menyebabkan masalah kesehatan mental juga. Kedekatan Anda dengan ponsel , terutama ketika tidur, juga dapat menyebabkan masalah lain yang terkait dengan penyakit otak seperti migrain, depresi, kecemasan dan tidur terganggu.

baca juga: Apakah Masuk Angin Termasuk Penyakit atau Kondisi Medis? Ini yang Perlu Anda Ketahui

Ketika anak-anak mulai menggunakan ponsel pada usia dini, mereka menghadapi risiko penggunaan ponsel seumur hidup di depan mereka dan karenanya mereka berisiko mengalami masalah kesehatan yang berpotensi membahayakan terkait dengan penggunaan ponsel selama beberapa dekade. (*)

Beberapa langkah yang harus diambil untuk mengurangi dampak radiasi:

  • Jauhkan ponsel pada jarak yang signifikan ketika tidak digunakan. 
  • Batasi durasi bicara dan penggunaan per hari, karena ini dapat membuat perbedaan besar. 
  • Beralih ke mode bebas genggam saat menerima panggilan untuk mengurangi risiko kerusakan jaringan. 
  • Ibu hamil harus membatasi penggunaan ponsel , dan juga jangan pernah menempelkan ponsel di telinga bayi. 
  • Periksa sinyal ponsel Anda sebelum melakukan panggilan, karena sinyal yang bagus menyiratkan radiasi yang lebih sedikit. 
  • Mengisi daya telepon memancarkan radiasi tinggi. Jadi cara terbaik adalah mengisinya di ruangan lain. 
  • Saat berbicara, pakai telinga bergantian secara teratur sehingga radiasi didistribusikan secara merata. 
  • Sebaiknya kirim SMS daripada berbicara, karena berbicara memaksa telepon Anda untuk memancarkan lebih banyak radiasi. 
  • Jangan menyimpan ponsel di bawah bantal Anda saat tidur.

baca juga: Perut Buncit Masih Menjadi Masalah Anda, Kenali Sejumlah Pemicunya

Penulis: Agusmanto