Ternyata Jalan Kaki Bisa Membuat Cepat Hamil

ilustrasi
ilustrasi (internet)

KLIKPOSITIF -- Hal yang diidam-idamkan sebagian besar pasutri (pasangan suami istri) tentu saja memiliki momongan. Kini ada penelitian menyebutkan bahwa perempuan yang rutin jalan kaki punya peluang lebih cepat untuk hamil dibanding mereka yang jarang jalan kaki .

Penelitian ini dilakukan University of Massachusetts Amherst. Seperti dilansir dari Medical Daily, Brian Whitcomb, profesor biostatistik dan epidemiologi di University of Massachusetts mengatakan, bahwa jalan kaki termasuk aktifitas fisik yang murah dan mudah dilakukan.

baca juga: Mengatasi Ketombe dengan Minyak Serai, Begini Caranya

Berjalan kaki juga bisa meningkatkan peluang perempuan mengalami kehamilan pada satu siklus menstruasi. Untuk mendapatkan temuan ini, Brian merekrut 1.214 perempuan sehat berusia antara 18 hingga 40 tahun. Para responden diteliti hingga enam siklus menstruasi selama mereka berupaya untuk hamil .

Mereka yang berhasil hamil dianalisis sampel urin, tingkat kesuburan dan aktifitas fisik dengan bantuan Kuesioner Aktivitas Fisik Internasional (IPAQ-SF). Setelah selesai dianalisis, peneliti menemukan bahwa perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas mengalami peningkatan peluang kehamilan setelah berjalan kaki setidaknya 10 menit setiap hari.

baca juga: Sejumlah Vitamin Ini Bisa Bantu Mencegah Stres

"Perempuan yang rutin berjalan kaki dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi untuk hamil di antara perempuan yang kelebihan berat badan atau obesitas," jelas Whitecomb.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini mendukung bukti positif jalan kaki untuk manfaat aktivitas fisik pada perempuan yang berusaha untuk hamil . Mereka juga menyatakan perlunya penelitian lebih lanjut untuk memahami mekanisme yang mendasari tentang bagaimana berjalan kaki dan aktivitas fisik dapat mempengaruhi peluang hamil . (*)

baca juga: Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaat Mengkonsumsi Mangga

sumber: suara.com

Penulis: Agusmanto