Ingin Berat Badan Turun, Jangan Lupa Sarapan

ilustrasi
ilustrasi (internet)

KLIKPOSITIF -- Melewatkan waktu makan seolah-olah menjadi hal logis bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan . Meskipun cara ini sebenarnya tidak sehat. Namun, jangan sekali-kali melewatkan sarapan jika tak ingin semua usahamu sia-sia.

Ada banyak metode untuk menurunkan berat badan yang akan membantu mendapatkan tubuh yang ideal. Tapi, sebuah riset telah menunjukan, jika sarapan diabaikan maka hal itu akan membuat impian untuk mendapatkan tubuh ideal menjadi mustahil.

baca juga: Konsumsi Garam Ternyata Pengaruhi Kualitas Hubungan Seksual

Dilansir laman Techtimes, riset ini dilakukan oleh peneliti dari Mayo Clinic yang menemukan bukti ilmiah dari dampak buruk melewatkan sarapan . Disebutkan, melewatkan sarapan justru semakin menambah berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, peneliti menganalisis 347 pria dan wanita sehat selama 12 tahun dengan rentang usia antara 18-87 tahun. Pada awal penelitian, semua peserta riset memiliki skor indeks massa tubuh yang normal.

baca juga: Haid Anda Tak Teratur, Mungkin Ini Penyebabnya

Selain itu, mereka juga menerapkan pola makan konstan selama masa studi. Menurut hasil penelitian, 26,7 persen dari subyek yang secara teratur melewatkan sarapan mengalami obesitas, dibandingkan dengan 10,9 persen untuk subjek yang sering sarapan .

Riset ini juga menemukan, orang yang melewatkan sarapan memiliki ukuran pinggang rata-rata 97,5 centimeter. Ukuran tersebut terhitung lebih besar 9,8 centimeter daripada pinggang rata-rata orang yang secara teratur sarapan .

baca juga: Terlalu Banyak Makan Nasi Ternyata Berbahaya

Selain itu, sarapan yang seimbang mampu memberikan nutrisi tertentu yang mungkin terabaikan sepanjang hari dan menjaga tubuh tetap sehat. (*)

dari berbagai sumber

baca juga: Erick Thohir Sebut Biaya Produksi 150 Ribu Dosis Vaksin Capai Rp1,3 Triliun

Penulis: Agusmanto