Ajak Masyarakat Kota Padang Perangi Diabetes, Tropicana Slim Adakan Senam #BeatDiabetes

Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan senam yang diadakan Tropicana Slim dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2018 di Danau Cimpago, Pantai Padang.
Masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan senam yang diadakan Tropicana Slim dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2018 di Danau Cimpago, Pantai Padang. (Ist)

KLIKPOSITIF - Dalam rangka menyemarakkan Hari Kesehatan Sedunia 2018, Tropicana Slim yang merupakan serangkaian produk sehat dan bercita rasa tinggi yang telah lebih dari 40 tahun menginspirasi konsumen untuk hidup sehat melalui kampanye #BeatDiabetes bertempat di Danau Cimpago, Pantai Padang. Tropicana Slim menggelar kampanye #BeatDiabetes sesuai dengan misinya untuk terus mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama mencegah dan melawan penyakit diabetes sejak dini.

Tahun ini, #BeatDiabetes dilaksanakan serentak di 21 kota di Indonesia, yaitu mulai dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Medan, Siantar, Padang, Palembang, Lampung, Jambi, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, Manado, Denpasar, sampai Mataram serta diikuti lebih dari 18.000 peserta di Indonesia. Memanfaatkan momen Hari Kesehatan Sedunia 2018, Tropicana Slim melalui kampanye #BeatDiabetes menggandeng berbagai pihak untuk berpartisipasi, mulai dari rumah sakit, praktisi kesehatan, restaurant/cafe, retailer, serta komunitas kesehatan untuk berperan aktif melalui edukasi dan menyediakan pilihan makanan dan minuman yang rendah/bebas gula sebagai bentuk aksi memerangi diabetes di Indonesia.

baca juga: Konsumsi Gula 50 Gram Per Hari Tekan Potensi Diabetes

Khusus di Padang, acara #BeatDiabetes dibuka secara resmi oleh Akhiarni, Marketing Promotion Sumatera Barat. Dalam acara ini, Tropicana Slim berkolaborasi dengan Rumah Sakit Bunda BMC Padang, Pemko Kota Padang, Dinas Pariwisata Tidak hanya itu, sejumlah perusahaan serta komunitas kesehatan turut berpartisipasi untuk memeriahkan acara #BeatDiabetes ini. Para peserta acara #BeatDiabetes sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat seperti senam sehat, cek gula darah dan konsultasi kesehatan gratis. Tidak hanya itu, para peserta juga dapat menikmati produk Tropicana Slim secara gratis untuk menambah energi dan melengkapi nutrisi mereka, serta berbagai games seru dan edukatif. Diharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa konsumsi gula harus dibatasi namun rasa manis tetap dapat dinikmati dengan menggunakan gula Tropicana Slim .

Akhiarni, Marketing Promotion Sumatera Barat menyampaikan, bahwa ia sangat senang melihat semakin besarnya antusiasme masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dan melawan diabetes . Melalui kampanye #BeatDiabetes, ada komitmen Tropicana Slim untuk terus memerangi penyakit diabetes yang kondisinya di Indonesia sudah semakin mengkhawatirkan. Data terbaru dari IDF Diabetes Atlas, tahun 2017 Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar, yaitu sebanyak 10,3 juta orang. Bukan hanya itu, berdasarkan sumber yang sama, 2 dari 10 orang Indonesia diperkirakan mengalami prediabetes, yaitu orang dengan resiko tinggi diabetes , namun masih bisa sembuh kembali.

baca juga: Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi Tingkatkan Risiko Demensia

“Penyakit diabetes (tipe 2) tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, namun juga karena gaya hidup. Mereka yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki risiko terkena diabetes hingga 7 kali lipat lebih tinggi. Bahkan, bagi mereka yang obesitas, risikonya akan lebih besar lagi, hingga 20-40 kali lipat lebih berisiko mengidap diabetes . Untuk mencegah dan mengurasi resiko terkena diabetes , salah satu caranya adalah terdapat tiga tip sederhana yang dapat dilakukan, yaitu membatasi asupan gula di makanan maupun minuman kita sehari-hari (50 gram atau setara dengan 4 sendok makan), aktif berolahraga rutin setiap hari minimal 30 menit, serta cukup istirahat sebanyak 8 jam per hari. Kami berharap para peserta dapat terinspirasi dari kegiatan senam sehat hari ini, agar bisa secara rutin berolahraga sebagai salah satu langkah preventif terhadap penyakit diabetes ,” jelas Akhiarni

Akhiarni) menambahkan, “Data IDF Diabetes Atlas 2017 juga menyebutkan bahwa tahun 2017, sekitar 1 dari 2 diabetesi di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes . Oleh karena itu, pemeriksaan kadar gula darah sejak dini dan secara rutin penting dilakukan karena penyakit diabetes tidak memiliki gejala pada tahap awal. Dengan adanya deteksi dini, para diabetesi diharapkan dapat memperoleh penanganan sejak awal untuk menghindari timbulnya komplikasi. Selain itu, bagi mereka yang terdeteksi prediabetes juga dapat ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes .”

baca juga: Anak Mengompol Bisa Mengindikasikan Menderita Diabetes Tipe 1, Kok Bisa?

Masih dalam satu rangkaian Hari Kesehatan Sedunia 2018, minggu lalu Nutrifood juga berkolaborasi dengan Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI untuk mengadakan sesi media briefing edukasi terkait diabetes kepada rekan-rekan media dan blogger kesehatan diJakarta. Hal ini adalah wujud komitmen untuk terus mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kementerian Kesehatan RI dalam membangun kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup, khususnya dalam mencegah dan melawan diabetes . (Rilis)

Penulis: Khadijah