7 Minuman yang Harus Anda Hindari Setelah Makan Malam

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Minuman merupakan kebutuhan untuk setiap makanan yang telah Anda konsumsi. Tetap terhidrasi dalam bentuk apapun apakah dengan minum air putih, minuman energi, atau sup dapat membuat tubuh selalu sehat sepanjang waktu.

Tapi di malam hari, Anda perlu berhati-hati dengan apa yang Anda minum. Minum air sepanjang hari akan membuat Anda terhidrasi dan membantu proses pencernaan, tapi ada minuman tertentu yang seharusnya Anda hindari setelah makan malam. Minuman yang kita bicarakan bisa bermanfaat bagi Anda di siang hari namun bisa memiliki efek sebaliknya jika dikonsumsi setelah makan malam. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan dan membuat Anda tidak sehat.

baca juga: Tidak Hanya Corona, Menko PMK Minta Panitia Perhatikan Potensi Penyakit Malaria Saat PON Papua

Pernahkah Anda berpikir betapa berbahayanya minum minuman manis saat tidur? Nah, Anda harus mempertimbangkannya sekarang karena minuman semacam itu bisa menyebabkan lemak perut Anda, membuat Anda terlihat gemuk, dan meningkatkan masalah kesehatan Anda. Mari kita lihat minuman yang seharusnya tidak Anda makan setelah makan malam.

1. Kopi Dengan Creamer
Banyak dari kita bahkan suka meminumnya di malam hari baik untuk tetap terjaga untuk belajar larut malam atau untuk menghangatkan diri kita sendiri. Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus membatasi konsumsi kafein Anda dan menghindarinya sepenuhnya di malam hari. Ini karena whitener atau kopi-mate bubuk creamer sebagian mengandung sirup jagung dan minyak nabati terhidrogenasi. Bahan ini membuat krim lebih menggoda, tapi sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Terlihat bahwa minyak nabati terhidrogenasi mengandung sirup lemak dan jagung mengandung gula sehingga menyulitkan tubuh kita memetabolismenya.

baca juga: Anda Mengalami Sejumlah Masalah di Kulit Wajah, Mungkin Kurang Tidur Penyebabnya

2. Soda Diet
Jika Anda ingin mempertahankan lingkar pinggang yang sehat, maka hindari minum soda diet di malam hari setelah makan malam. Periset menyarankan minuman ringan dan soda diet sebagai permen cair. Hal ini disebabkan kandungan gula yang berlebihan di dalamnya. Jadi, jika Anda ingin mengurangi lemak perut yang membandel dan bekerja keras untuk itu, maka mengkonsumsi gula buatan ini sesaat sebelum tidur akan memperparah masalah Anda terlebih lagi. Semua sesi latihan berat Anda akan sia-sia belaka.

3. Susu Sapi
Susu merupakan sumber kalsium yang baik dan membantu memperbaiki kesehatan tulang. Semua dari kita menyadari manfaat yang diberikan oleh susu ini. Tapi ini adalah salah satu mitos manusia yang paling umum. Mereka percaya bahwa susu sapi adalah sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin, kalsium, dan protein. Tapi, pada kenyataannya, susu sapi bisa berbahaya bagi tulang Anda. Hal ini karena adanya protein hewani asam yang menghilangkan kalsium dari tulang. Selain itu, susu adalah sumber kalori, lemak tak diinginkan, antibiotik, dan kolesterol. Jadi, mengonsumsi susu tepat setelah makan malam dapat meningkatkan kadar kolesterol dan menyimpan lebih banyak lemak.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

4. Bubuk Campuran
Apakah Anda ingin menambahkan bubuk kristal ke gelas air Anda sebelum tidur? Jika iya, maka mungkin secara tidak sadar Anda mencampur pemanis buatan ke dalam air Anda sesaat sebelum tidur. Campuran bubuk ini, saat memasuki tubuh manusia, bisa menyebabkan sakit perut, cemas, mual, dan sakit kepala. Jadi, yang terbaik adalah menghindari campuran ini selama waktu tidur.

5. Flavored Water
Rasa air dapat memuaskan rasa haus Anda dan membuat Anda terhidrasi jika Anda tidak suka meminum air biasa. Tapi apapun yang tidak alami bisa membahayakan tubuh Anda. Misalnya, jika Anda mempertimbangkan sebotol 20 ons vitamin air, Anda akan melihat bahwa itu mengandung 120 kalori dan 30 g gula di dalamnya. Minum pemanis buatan ini bisa membahayakan tubuh Anda, terutama jika Anda meminumnya sebelum tidur.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

6. Jus Apel
Minum segelas jus apel segar jauh lebih baik daripada menyiapkan barang siap saji yang ada di pasaran. Jadi, jika Anda mempertimbangkan untuk minum jus apel kemasan tepat sebelum tidur, maka pikirkan dua kali. Jus yang dikemas ini mengandung sukrosa ditambahkan selain fruktosa alami yang kita temukan dalam jus segar. Jadi, setelah menghirup segelas jus apel, perut Anda akan terisi hanya dengan gula dan fruktosa. Hal ini karena tubuh akan kesulitan saat memecahnya untuk diolah, karena tubuh kita tidak melakukan gerakan ekstra menjelang tidur.

7. Minuman Penambah aenergi
Setelah hari yang melelahkan di tempat kerja jika Anda mempertimbangkan untuk meminum minuman olahraga untuk mengisi energi yang hilang dengan kandungan elektrolit di dalamnya, pertimbangkan kembali pemikiran Anda. Dianjurkan untuk menghindari minum minuman olahraga di malam hari hanya karena Anda merasa lelah. Minuman ini mengandung beberapa unsur yang jika tidak dibakar menjadi berbahaya pada tubuh.

Sumber: www.Boldsky.com

Penulis: Khadijah