Ini Alasan Kenapa Sulit Mempertahankan Berat Badan

ilustrasi
ilustrasi (istimewa)

KLIKPOSITIF -- Pernah merasa bingung mengapa sulit sekali mengontrol berat badan paska mengalami penurunan massa tubuh?

Itu bisa jadi karena Anda mengalami kelaparan hormon ghrelin. Kondisi tersebut, kata peneliti, mampu menipu tubuh dengan berpikir bahwa Anda memerlukan makan yang lebih banyak.

baca juga: Sekolah Daring Berpotensi Bikin Mata Anak Minus, Ayo Deteksi

Menurut Catia Martins, Associate Professor di Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Norwegia (NTNU), banyak orang obesitas yang dapat menurunkan berat badan , namun hanya 20 persen yang berhasil mempertahankan berat badan rendah mereka.

Studi tersebut menunjukkan bahwa ketika kita menurunkan berat badan , perut melepaskan hormon ghrelin dalam jumlah yang banyak dan membuat tubuh selalu merasa lapar.

baca juga: 3 Perantau yang Pulang ke Pariaman Positif COVID-19, Penutupan Posko Utama Satgas Batal

"Setiap orang memiliki hormon ini, tapi jika Anda kelebihan berat badan dan kemudian menurunkan berat badan , kadar hormon ini meningkat," kata Martins dilansir dari Zeenews.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Physiology, Endocrinology, and Metabolism ini telah meneliti nafsu makan pada pasien yang berpartisipasi dalam program penurunan berat badan selama 2 tahun.

baca juga: Besok, Proses Belajar Tatap Muka di Pariaman Dimulai

Rata-rata pasien memiliki berat badan 125 kg dan kehilangan rata-rata 11 kg setelah dua tahun melakukan diet. Hasilnya, dua dari sepuluh orang berhasil menurunkan berat badan setelah program selesai.

"Orang bisa kehilangan motivasi dan mengalami kesulitan mengikuti saran diet dan olahraga. Semua ini membuat sulit mempertahankan bobot rendah yang baru," kata Martins. (*)

baca juga: Konsumsi Garam Ternyata Pengaruhi Kualitas Hubungan Seksual

dari berbagai sumber

Penulis: Agusmanto