Ternyata Ini Penyebab Bau Mulut yang Seringkali Tidak Anda Sadari

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIFPositifers, pernahkah Anda dikomentari oleh teman Anda karena memiliki nafas yang bau saat tengah berbicara dengan mereka? Atau Anda menyadari bahwa nafas Anda bau saat mencoba mencium baunya sendiri dari nafas yang dihadapkan pada telapak tangan?

Mengetahui hal itu, pastinya akan membuat Anda menjadi tidak percaya diri saat berkumpul dengan orang lain bukan, Positifers? Nah berikut ini ada beberapa penyebab munculnya bau yang menghasilkan bau tidak sedap pada mulut Anda:

baca juga: Buah Baik untuk Kesehatan, Tapi Berlebihan Juga Bisa Membawa Akibat Buruk

1. Makanan yang Anda Makan
Apa yang Anda makan juga terlibat dalam menyebabkan bau tidak sedap pada mulut. Bahkan ada beberapa makanan yang harus Anda ketahui sebagai penyebab utama dari bau mulut, yakni bawang merah dan bawang putih. Makanan ini cenderung meninggalkan bau busuk di mulut, sedangkan makanan lainnya adalah kopi, jus jeruk, keju dan daging.

2. Tidak Terjaganya Kebersihan Mulut
Jika Anda tidak menyikat gigi secara teratur, jarang gunakan pembersih lidah dan sering lupa untuk memcuci mulut Anda setelah makan, maka bau mulut yang berasal dari partikel makanan yang tertinggal akan membusuk di dalam mulut Anda. Selain itu, endapan keras tumbuh di sekitar gigi kita secara alami dari waktu ke waktu (karena mineral dalam air liur kita) dapat dibersihkan dengan menyikat gigi secara teratur.

baca juga: Tape Ketan Bisa Jadi Cemilan Sehat, Ternyata Ini Sejumlah Manfaatnya

3. Tembakau
Tembakau memang diketahui berbahaya untuk kesehatan Anda, seperti munculnya kanker mulut. Nah, selain faktor kesehatan , ternyata rokok juga menyebabkan bau nafas menjadi tidak sedap.dalam segala bentuknya sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

4. Mulut kering
Salivasi (air ludah) itu baik bagi mulut Anda. Karena inilah yang menyiram semua partikel penghasil bau dan bakteri di mulut Anda. Itu sebabnya ketika mulut kita mengering, baunya menjadi busuk. Biasanya hal itu terjadi dengan alami saat Anda terbangun dari tidur atau karena beberapa kondisi medis.

baca juga: Anda Sering Buang Air Kecil di Malam Hari? Kenali Kondisi Ini

5. Sinusitis
Kondisi medis ini dapat membawa banyak masalah pada Anda, nah, bau mulut adalah salah satunya penyebab dari penyakit ini. Karena penyakit ini menyebabkan sinus (hidung) terisi dengan lendir, sehingga tidak menemukan jalan keluar dari rongga hidung. Jika lendir tetap tersimpan disana, maka lendir itu akan menghasilkan bau busuk yang tercium melalui aroma nafas.

6. Infeksi di Mulut 
Infeksi pada mulut menyebabkan munculnya aroma tidak sedap pada mulut akibat adanya bakteri pada mulut. Jadi jika Anda memiliki bisul mulut, penyakit gusi, atau baru saja menjalani operasi mulut, maka Anda disarankan agar memcuci mulut Anda setelah selesai makan dengan air asin agar mengurangi gejala infeksi mulut tersebut

baca juga: Kembali Selidiki Asal Usul Virus Corona Hingga Jadi Pandemi, WHO Bentuk Tim SAGO

7. Obat-obatan
Obat-obatan selalu memiliki efek samping terhadap tubuh Anda, salah satunya xerostomia (istilah medis untuk mulut kering), yang juga sudah diketahui adalah salah satu penyebab bau mulut. Obat-obatan yang menginduksi xerostomia ini termasuk obat yang digunakan untuk mengobati depresi, tekanan darah tinggi, angina, sakit maag, alergi, dan kanker.

8. Penyakit dan Gangguan Kesehatan
Sebanyak 90% penyebab bau mulut tidak hanya disebabkan sisa makanan, tapi itu juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit atau gangguan kesehatan . Misalnya, penderita diabetes sering memiliki nafas yang berbau seperti cat kuku (yang merupakan tanda awal keadaan darurat medis, ketoasidosis). Atau Trimethylaminuria (TMAU), yang merupakan kelainan bawaan yang membuat keringat, air liur, dan bau urine menjadi aneh. Kondisi lainnya juga berasal dari infeksi paru-paru (seperti bronkiektasis dan bronkitis), tonsilitis, dan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Sumber: www.Boldsky.com

Penulis: Khadijah