16 Makanan Ini Dapat Membantu Anda Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus kanker payudara akan meningkat menjadi angka yang mengkhawatirkan. Di India, kanker payudara telah dinyatakan sebagai bentuk kanker yang paling umum, hampir melampaui kanker serviks sebagai kanker paling mematikan.

Padahal penyebab kanker payudara tidak jelas, meski sebagian besar disebabkan akibat minum terlalu banyak alkohol, kelebihan berat badan, dan riwayat keluarga bisa menjadi beberapa penyebabnya. Membuat pilihan makanan yang lebih baik bisa mencegah 25 hingga 30 persen mengurangi risiko kanker payudara.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Berikut ini makanan yang bisa membantu untuk mengurangi resiko Anda terkena kanker payudara:

1. Bluberi
Blueberry adalah salah satu buah berry yang paling banyak dikonsumsi. Berries kaya akan antioksidan, yang bisa melawan sel kanker payudara. Mereka memiliki kemampuan untuk mencegah molekul pro-inflamasi terbentuk dan mencegah awal pembentukan kanker.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

2. Kacang Brazil
Kacang Brazil kaya akan selenium, serat dan fitokimia yang dapat membantu melawan peradangan, memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad Anda atau Anda bisa mengkonsumsinya mentah untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Jamur
Jamur adalah makanan yang sempurna untuk melindungi Anda dari kanker payudara. Mengkonsumsi jamur segar setiap hari, Anda akan cenderung tidak mengalami kanker payudara. Peningkatan asupan jamur juga dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara pada wanita pra-menopause.

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

4. Delima
Buah delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Ini mengandung sifat polifenol dan antioksidan yang mencegah pertumbuhan kanker. Mengkonsumsi buah ini akan memberi Anda zat besi dan juga mencegah kanker payudara.

5. Sayuran Berdaun Gelap
Sertakan sayuran berdaun hijau gelap dalam makanan Anda untuk mencegah risiko kanker payudara. Ini akan membantu memecah sel kanker karena sayuran berdaun hijau gelap mengandung serat, vitamin B, fitokimia, dan klorofil.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

6. Brokoli
Brokoli adalah sayuran cruciferous, kaya sulforophane dan indoles, yang terbukti mengatur pertumbuhan sel dengan berbagai cara. Brokoli dapat membantu melawan semua jenis kanker, termasuk kanker payudara, kandung kemih, prostat dan paru-paru.

7. Bawang putih
Bawang putih terbukti memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara di antara jenis kanker lainnya seperti kanker usus besar dan prostat. Ini berisi allium, yang merupakan senyawa perusak kanker. Hancurkan dan telanilah sepotong bawang putih setiap pagi untuk menjalani hidup bebas kanker.

8. Kenari
Kenari berlimpah dengan asam lemak omega-3 dan antioksidan yang menghasilkan makanan anti kanker payudara yang ideal. Kenari mengandung vitamin yang menghentikan aktivasi sel kanker. Makan kenari setiap hari untuk menyingkirkan kanker payudara!

9. Kentang Manis
Ubi jalar adalah sayuran berwarna oranye yang merupakan sumber utama karotenoid yang dikenal sebagai beta-karoten. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak ubi jalar memiliki risiko 17 persen lebih rendah terkena beberapa jenis kanker payudara.

10. Teh hijau
Teh hijau dikemas dengan polifenol, yang memberikan banyak manfaat kesehatan dan salah satunya adalah sifat anti kanker payudara. Wanita harus minum setidaknya satu cangkir teh hijau setiap hari untuk mengurangi risiko terkena kanker payudara.

11. Lada
Cabe mengandung capsaicin yang melawan laju pertumbuhan sel kanker. Peppers hijau kaya akan klorofil, yang bisa menangkal kanker payudara. Pepaya merah juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Tambahkan lada dalam kari atau tumis dengan sayuran.

12. Kunyit
Kunyit adalah bumbu biasa yang digunakan pada semua jenis masakan. Ini mengandung senyawa perusak kanker yang disebut curcumin, yang dapat menghambat banyak jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, gastrointestinal, paru-paru dan kulit. Sedikit kunyit memiliki kekuatan untuk melawan sel-sel penyebab kanker yang paling sulit.

13. Telur
Telur mengandung nutrisi penting yang dikenal dengan kolin, yang bisa melawan kanker payudara. Tidak hanya telur yang berfungsi sebagai makanan otak, tapi juga bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara. Wanita yang mengkonsumsi jumlah kolin tertinggi yang ditemukan pada telur memiliki risiko kanker payudara paling rendah.

14. Biji rami
Lemak omega-3 dan serat yang ditemukan dalam biji rami merupakan perisai pelindung terhadap sel kanker yang bertanggung jawab untuk menyebabkan kanker payudara. Sertakan biji rami ke yogurt atau smoothie atau Anda bisa menambahkannya ke dalam salad, kue dan muffin Anda.

15. Wortel
Alasan lain Anda harus menikmati jus wortel yakni manfaatnya yang dapat menangkal kanker payudara. Wortel penuh dengan antioksidan anti kanker dan menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi wortel secara teratur memiliki risiko kanker payudara lebih rendah 18 sampai 28 persen.

16. Ceri
Ceri merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi penderita kanker payudara. Menurut sebuah penelitian yang dicatat, ceri manis memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker serta penyakit kronis lainnya. Campur ceri di yoghurt Anda atau memilikinya sebagai smoothie.

Sumber: www.Boldsky.com

Penulis: Khadijah