Makanan Ini Harus Dikonsumsi di Waktu yang Tepat, Apa Saja Itu?

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF -  Tahukah Anda bahwa sebagian besar waktu makanan yang Anda konsumsi pada waktu yang salah dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh Anda?

Ya itu betul! Mengonsumsi makanan tertentu pada waktu yang salah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, konstipasi dan masalah perut lainnya. Masalah utamanya adalah beberapa dari Anda tidak tahu waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan.

baca juga: Kasus Covid-19 Sepekan Terakhir Menurun, Apakah PPKM Masih Lanjut?

Kebiasaan ini mungkin berdampak negatif terhadap kesehatan Anda dalam jangka panjang. Jadi, sangat penting untuk menyadari kapan harus makan sehingga Anda memiliki kontrol yang lebih baik terhadap makanan Anda. Simak 11 makanan yang kita makan pada jam-jam yang salah yang mempengaruhi kesehatan kita!

1. Pisang
Pisang kaya akan antasida yang bermanfaat untuk mengatasi mulas. Makan buah ini di siang hari akan menjaga tingkat energi Anda. Tapi, jika Anda mengonsumsi pisang di malam hari, hal ini bisa mengakibatkan Anda terkena pilek dan batuk. Anda harus menghindari makan pisang di malam hari.

baca juga: Tidur Siang Sangat Penting bagi Pertumbuhan Anak, Ini Manfaatnya

2. Yogurt
Mengkonsumsi yoghurt di siang hari akan membantu menenangkan proses pencernaan dan meningkatkan kesehatan usus. Namun mengkonsumsi yoghurt di malam hari dapat menyebabkan panas di tubuh Anda dan menyebabkan keasaman serta gangguan pencernaan lainnya. Hal ini dapat mempengaruhi saluran pernafasan, menyebabkan dingin dan batuk.

3. Teh hijau
Teh hijau memiliki banyak manfaat, tapi Anda akan mendapatkan manfaat ini jika Anda meminumnya pada waktu yang tepat. Minum teh hijau pada saat perut kosong di pagi hari dapat menyebabkan dehidrasi dan keasaman karena mengandung kandungan kafein. Karena itu, Anda bisa meminumnya di siang hari.

baca juga: Pernah Mengalami Ereksi Spontan? Ereksi Tanpa Rangsangan Seksual, Ini yang Perlu Anda Diketahui

4. Beras
Ahli diet menyarankan agar orang menjauhi nasi pada malam hari karena kaya akan pati, karena Anda mungkin akan merasa kembung dan sulit tidur. Makan nasi di malam hari juga menyebabkan kenaikan berat badan karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna.

5. Susu
Susu diisi dengan nutrisi penting. Tapi, minum susu sepanjang hari bisa membuat Anda merasa lesu karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Namun, minum susu di malam hari akan membantu tubuh untuk rileks sepenuhnya dan nutrisi terserap secara efektif.

baca juga: Anda Sering Menderita karena Sariawan, Ini Obat Alami untuk Mengobatinya

6. Apel
Semua orang tahu bagaimana apel itu makanan indah yang sarat dengan antioksidan penting. Makan apel di malam hari dapat menyebabkan keasaman perut; Ini meningkatkan tingkat keasaman di perut. Jadi makan apel di siang hari untuk membantu memperlancar fungsi usus.

7. Cokelat Hitam
Cokelat hitam ini penuh dengan senyawa organik yang memiliki kemampuan memperbaiki kesehatan dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung. Coklat hitam juga rendah gula dan tinggi kandungan kakao dan mengonsumsinya di malam hari dapat meningkatkan mood dan mengurangi tekanan darah.

8. Anggur Merah
Anggur merah mengandung alkohol dan zat tertentu yang disebut antioksidan yang mencegah penyakit arteri koroner. Minum segelas anggur merah setelah makan malam atau pada malam hari nanti akan diserap tubuh dengan cepat, sehingga membuat Anda aktif. Jangan mengkonsumsi anggur merah di siang hari.

9. Kopi
Banyak orang minum kopi di malam hari agar tetap terjaga. Ini kebiasaan yang sangat tidak sehat. Orang yang mengonsumsi kopi di malam hari bisa mengiritasi sistem pencernaan mereka dan itu bisa membuat Anda merasa cukup resah sejak kopi memiliki kandungan kafein. Sebaiknya diminum minuman ini di siang hari.

10. Jus jeruk
Jus jeruk yang dikemas dengan vitamin C dan minum ini di siang hari dapat membuat Anda merasa berenergi dan meningkatkan tingkat metabolisme Anda. Hal ini disebabkan asam folat dan vitamin D hadir di dalamnya. Tapi, jangan mengkonsumsi jus jeruk di malam hari karena bisa meningkatkan keasaman lambung.

11. Gula
Jika Anda minum smoothies dan mangkuk oatmeal di pagi hari, akan sangat membantu dalam meningkatkan energi Anda. Dan itu akan membuat Anda tetap aktif sepanjang hari. Tapi mengonsumsi minuman bergula di malam hari bisa meningkatkan lemak tubuh karena tidak ada aktivitas fisik tubuh.

Penulis: Khadijah