Berikut Ini 6 Gejala Tubuh Anda Menderita Diabetes

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Apakah Anda tahu apa itu penyakit diabetes ? Diabetes adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin (hormon pengatur gula darah) atau insulin yang dihasilkan tidak mencukupi atau insulin tidak bekerja dengan baik. Oleh karena itu akan menyebabkan gula darah meningkat saat diperiksa.

Jika Anda tidak segera mengobatinya, maka penyakit ini akan menjadi komplikasi yang serius seperti penyakit jantung, kerusakan ginjal, kerusakan saraf bahkan kebutaan.

baca juga: Ilmuwan: Sebab Hal Ini, Asal-usul Virus Corona Mungkin Tidak akan Pernah Teridentifikasi

Nah, yang berbahaya dari penyakit ini adalah gejalanya yang sulit diketahui, sehingga penderitanya hanya akan menyadari penyakit tersebut saat telah menjadi parah.

Positifers, berikut ini ada beberapa gejala yang menujukkan bahwa Anda terkena diabetes :

baca juga: Zona Kuning Corona, Tanah Datar Masih Terapkan Belajar Secara Daring

1. Buang Air Kecil Terus Menerus:
Anda harus mewaspadai adanya gejala diabetes jika lebih sering pergi ke kamar kecil untuk pipis. Kenapa? Karena hal ini bisa saja menunjukkan meningkatnya kadar gula darah Anda. Jadi, jika terlalu banyak glukosa atau gula dalam aliran darah Anda, hal itu akan menyebabkan ginjal Anda lebih sering membersihkan glukosa dalam tubuh melalui urine.

2. Selalu Merasa Haus:
Saat Anda terlalu sering buang air kecil, maka hal itu akan membuat tubuh lebih cepat kekurangan cairan tubuh. Hal ini bisa membuat Anda merasa dehidrasi, sehingga lebih sering merasa haus. Ini juga adalah gejala utama Anda terkena diabetes .

baca juga: Soal Batas Tarif Rapid Test, BPJS Watch: Kalau Cuma SE Bagaimana dengan Sanksinya?

3. Mudah Lelah:
Kelelahan adalah efek samping utama dehidrasi. Anda mungkin akan merasa sangat kelelahan usai bekerja. Hal ini juga disebabkan Anda yang lebih sering ke kamar kecil untuk pipis saat tengah tidur di malam hari, sehingga mengganggu waktu tidur Anda.

4. Pandangan Menjadi Kabur:
Bila kadar glukosa Anda terlalu tinggi, cairan tersebut bisa meresap ke lensa mata Anda sehingga membuatnya menjadi bengkak. Nah, bengkak pada mata Anda ini dapat menyebabkan hilangnya fokus saat memandang.

baca juga: Di Tengah Pandemi, Amerika Serikat Keluar dari WHO

5. Gusi Berdarah:
Bakteri yang menyukai rasa manis dari gula dapat menyebabkan luka Anda menjadi sembuh lebih lambat, serta membuat masalah pada gusi Anda. Masalah pada gusi tersebut seperti gusi menjadi merah dan bengkak dan juga menyebabkannya sering berdarah saat Anda sedang menyikat gigi.

6. Munculnya Bercak pada Kulit:
Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah Anda, termasuk yang ada di bawah kulit. Hal ini dapat menyebabkan munculnya bercak coklat kemerahan atau kulit Anda menjadi bersisik.

Sumber: www.Boldsky.com

Penulis: Khadijah