Ternyata Kebiasaan Berikut Ini Dapat Menyebabkan Anda Kena Diabetes

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Meskipun diabetes dapat menjadi gangguan genetik yang dapat disebabkan oleh faktor keturunan, namun diabetes bisa juga disebabkan oleh gaya hidup tak sehat dan kurang olahraga. Diabetes , seperti yang kita semua tahu, adalah gangguan yang disebabkan oleh tingginya jumlah gula atau glukosa dalam aliran darah.

Ada kebiasaan tertentu yang kita lakukan setiap hari dan makanan tertentu yang kita konsumsi, yang dapat menyebabkan orang terkena diabetes . Jadi, jika Anda ingin mencegah peningkatan kadar gula darah, maka hindari 7 kebiasaan di bawah ini, dilansir Boldsky:

baca juga: Kalung Anti Corona, DPR: Jika Bantuan Pemerintah Akan Kuras APBN

1. Minum Terlalu Banyak Kopi
Bahkan jika Anda mengonsumsi kopi tanpa gula, kafein pada kopi dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah Anda. 

2. Mengkonsumsi Makanan Tinggi kalori
Makanan Pizza, kentang goreng, burger, cokelat dan banyak lagi adalah beberapa makanan yang tinggi kalori dan dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.

baca juga: Bertambah 55 Orang, RSD Wisma Atlet Rawat 754 Pasien Positif Corona

3. Mengonsumsi Antibiotik tertentu
Beberapa jenis antibiotik dan obat-obatan dekongestan, yang terutama diberikan untuk flu dan sinus, diketahui menyebabkan peningkatan signifikan kadar gula darah Anda.

4. Stres
Stres, depresi, terlalu banyak tekanan yang berkaitan dengan keluarga, pekerjaan dan lainnya dapat menyebabkan fluktuasi hormon, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

baca juga: Ratusan Ilmuwan Sebut WHO Juga Perlu Perhatikan Transmisi Aerosol Virus Corona Melalui Udara

5. Minum Minuman Energi
Minuman energi atau minuman olahraga dan bahkan minuman ringan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, karena mengandung tinggi kalori, gula dan juga kafein.
6. Mengkonsumsi buah-buahan kering
Buah-buahan kering adalah pilihan cemilan sehat, namun mengkonsumsi secara berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

7. Mengonsumsi pil KB
Jika pil KB mengandung estrogen di dalamnya, maka dapat memicu ketidakseimbangan hormon tertentu dalam tubuh, yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah

baca juga: Resiko Kematian Akibat Covid-19 Lebih Tinggi Pada Penderita Obesitas

Penulis: Khadijah