Tanpa Anda Sadari, Makanan Ini Seringkali Jadi Pemicu Kanker

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi adalah hal penting yang harus diingat setiap orang. Terkadang ada makanan yang sebenarnya tidak sehat tapi ternyata tidak kita ketahui dapat menimbulkan masalah kesehatan serius pada tubuh.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini sederetan makanan yang harus Anda hindari untuk mencegah munculnya kanker :

baca juga: Nyeri Punggung Akibat Lama Duduk, Ini Cara Sederhana Mengatasinya

1. Makanan yang Terlalu Asin:
Makanan yang terlalu asin dapat untuk mengikis lapisan dalam perut, sehingga membuatnya rentan terhadap tumor penyebab kanker . Selain itu, ahli kesehatan merekomendasikan jumlah ideal untuk garam yang harus dikonsumsi tubuh setiap hari tidak lebih dari 6 gram sehari.

2. Minuman bersoda:
Ini bisa menjadi salah satu minuman penyebab utama kanker . Bahan berbahaya ada dalam minuman bersoda seperti bahan kimia, pewarna, sirup jagung fruktosa tinggi (HCFS), menjadikannya sangat berbahaya bagi kesehatan. Minuman ini tidak hanya menyerap nutrisi yang kita dapatkan dari makanan lain, tapi juga memberikan nilai gizi nol, sehingga membuat sistem kita lemah dan lebih rentan terhadap penyakit kanker .

baca juga: Durasi Tidur Kurang atau Berlebihan Bisa Berdampak Buruk Pada Otak

3. Makanan Kaleng:
Makanan kaleng nampaknya merupakan alternatif terbaik dan praktis. Namun kenyataannya, ini adalah makanan yang mengandung karsinogenik (zat yang menyebabkan penyakit kanker ) paling banyak dari semua makanan. Kenapa? Ini bukan karena zat pengawet yang ada pada makanan itu, namun itu terkandung dalam bahan pelapis yang digunakan untuk pembuatan kaleng tersebut, yaitu bisphenol-A atau BPA.

4. Pemanis buatan:
Sebagian besar dari Anda pasti beranggapan bahwa pemanis buatan tidak berbahaya layaknya gula biasa. Tapi ini adalah penilaian yang salah! Sebenarnya pemanis ini dapat menyebabkan kadar gula tinggi di sistem kita. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya sel kanker . Beberapa pemanis buatan, yang paling sering digunakan adalah sakarin, aspartam, siklamat, dan lain-lain. Sementara sakarin dapat menyebabkan kanker kandung kemih, sementara aspartam bisa menjadi penyebab tumor otak.

baca juga: Deteksi Demensia Alzheimer Bisa Dari Usia Muda, Begini Caranya

5. Tepung Putih Maida:
Tepung putih maida adalah jenis varian dari tepung gandum yang bertekstur halus mengandung serat rendah disbanding dengan varian tepung gandum biasa. Tepung ini diproses dengan bantuan gas klorin karena warnanya yang putih. Karena kandungan gas klorin dan nilai glikemiknya yang tinggi, nantinya dapat dengan mudah menyebabkan diabetes, sehingga memicu penyebaran sel kanker !

6. Konsumsi Alkohol Berlebihan:
Studi menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara minum alkohol dan perkembangan berbagai jenis kanker . Konsumsi alkohol secara berlebihan bahkan bisa menyebabkan kanker seperti kanker mulut, kanker hati, kanker payudara, kanker usus dan kanker tenggorokan.

baca juga: Sering Memencet Komedo di Wajah, Awas Bahaya Ini

Penulis: Khadijah