Studi: Makanan Kaya Antioksidan Bagus untuk Mengobati Diabetes

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dapat menurunkan gejala diabetes tipe 2. 

Makanan apa saja yang kaya anti oksidan? Menurut penelitian, buah, sayuran, coklat gelap, kenari, plum, blueberry, stroberi atau hazelnut adalah beberapa dari makanan yang kaya akan antioksidan. Penelitian ini diterbitkan di Diabetologia, jurnal Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes .

baca juga: Erick Thohir Sebut Biaya Produksi 150 Ribu Dosis Vaksin Capai Rp1,3 Triliun

Anda juga mungkin terkejut saat mengetahui bahwa minuman panas lainnya seperti kopi dan teh cukup tinggi sampai tingkat antioksidannya tinggi diperlukan untuk pengendalian diabetes . Namun, konsumsi alkohol terkadang malah menambah resiko penyakit ini.

"Hubungan makanan kaya antioksidan dengan penyakit ini dilakukan setelah mempertimbangkan semua faktor resiko diabetes utama lainnya seperti merokok, tingkat pendidikan, hipertensi, kadar kolesterol tinggi, riwayat keluarga diabetes dan penyebab BMI (Body Mass Index), "jelas ujar penulis utama studi dan peneliti di Institut Kesehatan Prancis dan Penelitian Medis di Perancis, Francesca Romana Mancini.

baca juga: Riset Baru Ungkap Terserang Flu Biasa Bisa Latih Tubuh Hadapi Covid-19

Studi ini telah diteliti dan diuji pada lebih dari 64.223 wanita untuk jangka waktu 15 tahun. Semua peserta terbebas dari resiko diabetes pada saat dimasukkan dalam penelitian.

Sesuai temuan penelitian, resiko diabetes berkurang seiring dengan meningkatnya konsumsi antioksidan di kalangan peserta. Ditemukan juga bahwa wanita dengan nilai antioksidan tertinggi memiliki penurunan risiko diabetes sebesar 27 persen dibandingkan dengan yang memiliki nilai terendah.

baca juga: Dada Nyeri Tak Selalu Masalah Jantung, Perhatikan Penyebab Lainnya

Penulis: Khadijah