10 Makanan Penambah Lemak Ini Sering Anda Konsumsi Saat Sarapan

Ilustrasi
Ilustrasi (Boldsky)

KLIKPOSITIF - Selain untuk menambah energi, sarapan adalah cara yang bagus untuk tetap menjaga kesehatan Anda.

Namun seringkali orang mengabaikan waktu sarapan dengan tenang karena bergegas untuk ke kantor, sehingga tak jarang makanan yang dipilih menjadi sarapan juga tidak berkualitas. Nah berikut ini, ada beberapa kebiasaan buruk saat sarapan penambah berat badan yang sering dilakukan:

baca juga: Ingin Hidup Lebih Sehat, Mulai dengan Berjalan 30 Menit Setiap Hari

1. Menambahkan Gula, Krim pada Kopi / Teh Anda
Secangkir cappuccino dengan banyak krim berlemak mungkin terdengar sangat lezat di pagi yang hari, tapi krim yang banyak itu dapat menambahkan banyak angka pada timbangan berat Anda juga, lho! Begitu pula dengan minum teh dengan banyak gula, itu sama sekali tidak sehat. Sebagai gantinya, pilihlah teh hijau dan jika perlu tambahkan satu sendok madu ke dalamnya.

2. Minum-Minuman Energi
Anda mungkin merasa bahwa minuman energi diperlukan untuk memulai pagi Anda, tapi pengawet yang terkandung dalam minuman ini menambah kadar gula yang tidak sehat untuk tubuh. Gantilah dengan segelas jus buah segar tanpa gula yang juga dapat mengatasi keseimbangan nutrisi dalam keseluruhan rencana diet Anda.

baca juga: Ini Kata Ilmuan Terkait Vaksin Corona yang Sudah Ada dan Varian Delta

3. Menambahkan Garam Terlalu Banyak
Terlalu banyak asupan garam pada makanan dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi. Sebaiknya Anda hindari mengonsumsi sarapan yang mengandung banyak garam.

4. Sarapan Tinggi Lemak
Butuh banyak waktu untuk membakar sarapan berlemak tinggi lemak. Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sesuatu yang ringan untuk sarapan Anda seperti semangkuk susu dengan sepotong jagung atau dengan telur rebus dan segelas jus.

baca juga: Kasus COVID Melonjak, Menaker Minta Perusahaan Utamakan Keselamatan Pekerja

5. Konsumsi Terlalu Banyak Serat
Serat dibutuhkan untuk menjalan fungsi organ tubuh kita. Tapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa membuat Anda merasa kembung sepanjang hari.

6. Melewatkan sarapan
Melewatkan waktu sarapan setelah tidur bisa merugikan kesehatan Anda. Karena ini mengganggu tingkat metabolisme tubuh dan membuat Anda merasa lapar saat bangun tidur.

baca juga: Muhaimin Iskandar: Patuhi Protokol Kesehatan Agar Ekonomi Bisa Tumbuh

7. Makan Makanan Sisa Kemarin atau Pizza Sebagai Pengganti Sarapan
Inilah salah satu tren yang kebanyakan diikuti banyak orang. Makan makanan sisa seperti kue atau pizza atau minum wafel pagi bisa membuat Anda gemuk. Makanan ini juga akan membuat Anda merasa lesu sepanjang hari.

8. Menambahkan Gula ke Gandum
Oat adalah pilihan sarapan yang sehat namun menambahkan gula ke dalamnya akhirnya mengubahnya menjadi makanan sarapan yang tidak baik. Sebagai suplemen, tambahkan buah dan madu kering agar gandum menjadi lebih enak.

9. Menonton TV Saat Makan Sarapan
Menonton televisi sambil makan, sering bisa membuat Anda makan berlebihan tanpa sepengetahuan Anda. Karena seluruh konsentrasi Anda terfokus pada televisi, bukan rasa atau tekstur atau jumlah makanan yang Anda konsumsi.

10. Lebih Merindukan Di Susu
Susu adalah pilihan yang sehat sebagai sarapan, asalkan Anda tetap memeriksakan makanan lain yang Anda tambahkan padanya. Menambahkan terlalu banyak gula pada susu dapat mengurangi manfaat susu.

Penulis: Khadijah