Ternyata Konsumsi Vitamin C Dapat Atasi Gangguan Pilek

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF  - Sebuah penelitian menemukan bahwa Vitamin C secara signifikan mampu mengurangi durasi infeksi virus yang menyerang tubuh.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa jika seseorang mengkonsumsi 1/8 gram Vitamin C per hari selama pilek maka durasi pileknya akan berkurang.

baca juga: Menkominfo Jelaskan Alasan Pemerintah Terapkan Pengetatan Kegiatan Nataru

Memang pemberian Vitamin C tidak menurunkan jumlah munculnya penyakit pilek secara keseluruhan, namun vitamin C dapat mengurangi jumlah penyakit pilek pada orang yang aktif secara fisik. Sebagaimana yang di katakan Harri Hemila, seorang peneliti dari Universitas Helinsky, Finlandia.

“Mengingat efek yang konsisten dari vitamin C sealama pilek , keamanannya dan biayanya yang murah, akan menjadi bermanfaat bagi pasien yang menderita pilek biasa untuk menguji apakah terapi 8 gram per hari Vitamin C itu bermanfaat bagi mereka,” ujarnya.

baca juga: Bukan untuk Alat Bantu Seks Wanita, Ini Sebenarnya Fungsi Vibrator

“Untuk hasil yang lebih efektif, pemberian Vitamin C harus dimulai sesegera mungkin setelah timbulnya gejala pilek ,” tambah Hemila, di majalah jurnal nutrisi.

Vitamin C juga banyak terdapat dalam makanan seperti paprika, sayuran berwarna hijau gelap, buah kiwi, brokoli, berri, buah jeruk, tomat, kacang polong, dan pepaya.

baca juga: Ilmuwan Selidiki Penyebab Varian Omicron Punya Banyak Mutasi

Sementara berbagai penelitian yang dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mampu mencegah dan meredakan infeksi yang disebabkan oleh beragam bakteri, virus, dan protozoa.

Namun, secara praktik pentingnya Vitamin C pada kasus infeksi manusia masih belum diketahui. Selama penelitian, tim peneliti telah mencoba sampel secara acak untuk menyelediki efek dosis vitamin C tersebut pada saat pilek biasa.

baca juga: Tidak Hanya Asma, Ini Penyebab-penyebab yang Bisa Sebabkan Sesak Napas

Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang memiliki enam gram dosis vitamin C per hari dapat memperpendek durasi pilek mereka sebanyak 17 persen, sedangkan orang yang menkonsumsi delapan gram dosis per hari mampumemperpendek durasi pilek tersebut sebanyak 19 persen.

Penulis: Khadijah